Sektor Pariwisata mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan perekonomian Nasional. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah guna mengembangkan kepariwisataan di antaranya adalah dengan mengadakan promosi wisata secara teratur baik di dalam maupun di luar negeri, perbaikan sarana dan prasarana, penyediaan fasilitas akomodasi seperti hotel dan penginapan, serta peningkatan mutu pelayanan.

Peningkatan kegiatan kepariwisataan khususnya di Kabupaten Bone, diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Meningkatnya arus wisatawan yang masuk ke daerah ini dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan daerah dan memperluas kesempatan kerja.

Selain itu, peningkatan arus wisatawan ke suatu daerah merupakan sarana yang sangat baik untuk memperkenalkan budaya daerah kepada wisatawan yang datang sehingga budaya daerah tetap terjaga kelestariannya.

Untuk meningkatkan minat wisatawan
yang berkunjung ke daerah harus diikuti dengan peningkatan fasilitas dan penyediaan sarana penunjang wisata yang memadai. Salah satu sarana penunjang yang sangat penting adalah penyediaan sarana akomodasi yang berupa penginapan atau hotel.

Secara singkat hotel diartikan sebuah bangunan yang menyediakan penginapan dalam waktu yang singkat. Di kabupaten Bone terdiri dari 31 penginapan yang terdiri dari berbagai jenis.

Selama tahun 2018 jumlah tamu yang menginap baik di hotel berbintang maupun akomodasi lainnya berfluktuasi dari bulan ke bulan. Secara keseluruhan, jumlah tamu yang menginap selama tahun 2018 di Kabupaten Bone adalah sebanyak 166.892 orang dengan rata-rata sebanyak 13.908 tamu yang menginap setiap bulannya.

Jumlah tamu yang menginap paling rendah adalah pada Bulan Desember, yaitu sebanyak 9.939 orang. Sedangkan jumlah tamu terbanyak yang menginap selama tahun 2018 adalah pada Bulan Agustus, yaitu sebanyak 18.742 orang.

Jika dilakukan analisis menurut jenis penginapan, maka puncak tamu yang menginap pada hotel berbintang selama
tahun 2018 adalah pada Bulan oktober, yaitu sebanyak 7.659 orang, Sedangkan jumlah tamu paling sedikit tercatat pada bulan Januari, yaitu sebanyak 2.953 orang.

Untuk tamu yang menginap pada Akomodasi Lainnya, puncak tamu yang menginap adalah pada Bulan Maret sebanyak 12.718 orang, sedangkan jumlah tamu paling sedikit adalah pada Bulan desember, yaitu sebanyak 3.934 orang.

Tahun 2018 lalu, rata-rata tamu menginap berkisar antara 1 sampai 2 malam saja. Ini memperlihatkan bahwa para tamu yang datang tidak memiliki agenda yang panjang di Kabupaten Bone.

Sebagian besar tamu yang datang untuk agenda yang hanya membutuhkan waktu singkat seperti misalnya dalam rangka perjalanan dinas, bukan untuk agenda
yang memakan waktu berhari-hari, seperti misalnya dalam rangka liburan.

N1
loading...