Seputar : Terapi Air Laut

Seputar Kesehatan : Terapi Air Laut
Kabupaten Bone Memiliki Wisata Laut Yang Sangat Indah Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Kesehatan Kita

Allah menciptakan segala sesuatu di alam ini dengan seimbang dan sempurna,dan untuk Anda yang telah berobat ke dokter terapi belum juga sembuh silakan mencoba dengan tidak meninggalkan obat-obat yang telah diberikan dan jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha.

Nah, kini kita jadi tahu . . . untuk sebuah terapi suatu penyakit, menjaga kesehatan itu tidaklah selalu mahal. Hal sederhana di sekitar kita, air laut bisa menjadi media terapi suatu penyakit.

Secara saya menggeluti blog yang membahas masalah seputar kesehatan saya mencari referensi dari berbagai sumber yang membahas tentang manfaat air laut, khususnya untuk kesehatan dengan tujuan bermanfaat untuk kita semua.

Jarang ada pengunjung pantai yang datang ke pantai pada jam 06 sampai jam 07, kecuali masyarakat sekitar itu sendiri. Padahal sebenarnya mandi dengan air laut di pagi hari sekitar jam 06.00 sampai jam 07.00 memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Sebagian besar masyarakat di kabupaten Bone Perlahan-lahan sudah sadar akan manfaat Air Laut di mana kita kenal Bajoe di Kabupaten Bone sudah banyak masyarakat yang datang terapi Mandi Pagi air laut.

Kabupaten Bone memiliki Wisata Laut yang sangat indah dan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kita,Selain untuk kesehatan juga untuk kecantikan.

Banyak Peneliti yang sudah meneliti manfaat air laut . Coba kita luangkan waktu terapi mandi air laut di pagi hari . Yuk kita simak apa saja Kandungan dan Manfaat berendam di air laut :

Apa saja Kandungan yang ada di air laut ?
Air Laut itu mengandung bebrbagai zat mineral alami yang sangat berguna untuk tubuh kita. Beberapa kandungan mineral itu di antaranya :

1.Magnesium
Magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita,karena magnesium ini digunakan sebagai katalisator lebih dari 300 reaksi biokimia dalam tubuh.hampir 50% magnesium disimpan dalam tulang kita, bagian lainya ada di sel-sel jaringan tubuh dan organ lainya.Hanya sekitar 1 % saja ada dalam darah.

2.Pottasium
Potassium atau kalsium adalah mineral terbanyak ketiga dalam tubuh kita.Mineral ini punya peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita.dan juga sangat berperan dalam proses kontraksi dan relaksasi otot,pembekuan darah dan imunitas atau menjaga system kekebalan tubuh.kekurangan potassium berakibat fatal bagi kesehatan.

3.Kalsium Sulfat
Kalsium sulfat merupakan garam yang ada di air laut dan di lingkungan alam yang lain. Zat ini adalah senyawa kalsium, sulfur dan oksigen.Dalam bentuk yang paling murni memiliki rumus kimia CaSO4; ini dikenal sebagai anhidrat-bebas air-kalsium sulfat, atau anhidrit mineral. Hal ini juga datang dalam bentuk “hydrous”. Kalsium sulfat untuk kesehatan terutama untuk metabolisme tubuh, penghubung antar syaraf dan kerja jantung.

4.Zat Besi
Zat Besi adalah nutrisi yang penting dibutuhkan bagi kegiatan tubuh kita setiap hari, termasuk untuk melaksanakan fungsi dasar tubuh seperti pertumbuhan dan perkembangan.

Nutrisi ini juga digunakan untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin, energi, enzim, membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, fungsi otot, dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh.

5.Boron
Boron digunakan untuk membangun tulang yang kuat, mengobati osteoarthritis, sebagai bantuan untuk membangun otot dan meningkatkan tingkat testosteron, dan untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan koordinasi otot.

Perempuan kadang-kadang menggunakan kapsul yang mengandung asam borat, bentuk paling umum dari boron, di dalam vagina untuk mengobati infeksi ragi. Orang juga menggunakan asam borat pada kulit sebagai zat atau untuk mencegah infeksi, atau menggunakannya sebagai mencuci mata.

6.Selenium
Selenium adalah mineral dan nutrisi penting untuk melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung. Selenium adalah sinergis dengan vitamin E, yang berarti bahwa keduanya bekerja sama-sama kuat.

Keduanya adalah antioksidan kuat yang membantu mencegah atau memperlambat penuaan dan pengerasan jaringan melalui oksidasi. Mineral selenium ini penting untuk banyak fungsi tubuhdan dapat ditemukan di setiap sel tubuh, yang terutama pada ginjal, hati, limpa, pankreas, dan testis. Pada laki-laki, setengah dari selenium tubuh berkonsentrasi di testis dan bagian dari saluran sperma atau sekitar kelenjar prostat.

7.Zinc
Zinc atau Seng (Zn) merupakan logam transisi yang termasuk kelompok 12 dalam tabel periodik. Sebagai “unsur jejak penting” , Zinc ini bertanggung jawab bagi sejumlah fungsi yang berbeda dalam tubuh manusia dan membantu merangsang aktivitas kurang lebih 100 enzim yang berbeda.

Tubuh kita memiliki sekitar 2-3g zinc atau sekitar 60 % pada otot, dan 30 % dalam tulang. Jadi, dengan kata lain, zinc sangat berperan penting supaya tubuh kita bisa berdiri dengan tegak. Sisanya yang 10 %, seng atau zinc ditemukan pada gigi, rambut, kuku, kulit, hati, leukosit (sel darah putih), prostat, semen, dan.

8.Sodium
Sodium atau biasa disebut dengan Natrium adalah salah satu unsure kimia dengan symbol Na Nomor 11 di table periodic.sedangkan dalam tubuh kita,sodium ini berupa elektrolit dan juga berupa satu ion utama yang hadir dalam cairan diluar sel (Extracellular Fluid- ECF ).Natrium ini mempunyai peran penting dalam cairan tubuh.

Manfaat dahsyat berendam di air laut untuk kesehatan.

Setelah kita tahu apa saja kandungan zat dalam air laut, maka kita akan mudah memahami bagaimana sebenarnya cara kerja air laut ini bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan bukti2 ilmiah ini, kita jadi tak ragu lagi dengan khasiat air laut, sehingga tak menganggap hal ini hanya sebatas mitos dan gosip saja kita bisa memanfaatkan wisata laut yang ada di Kabupaten Bone ini selain Terapi kita juga bisa berekreasi.

Khasiat yang bisa kita rasakan setelah berendam di air laut ini diantaranya :
1.Melancarkan sirkulasi darah,
2.Memperkuat otot jantung,
3.Melenturkan atau merelaksasi otot sehingga tubuh terasa segar
4.Melancarkan sistem pernapasan,
5.Meningkatkan produksi sel darah merah,
6.Menormalkan tekanan darah,
7.Menyeimbangkan keasaman dalam darah,
8.Mencegah keropos tulang dan osteoporosis
9.Meringankan sakit pinggang, wasir dan rematik
10.Mengatasi kulit kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan
11.Menyehatkan dan menutrisi kulit tubuh sehingga lebih bercahaya.
12.Meningkatkan gairah seks yang menurun / melemah
13.Mencegah penyakit kencing manis
14.Mengatasi flek paru pada anak.
15.Banyak khasiat bagi kecantikan.
16.Meringankan gatal-gatal dan rasa terbakar pada kulit yang menderita penyakit kulit jenis eksim.
17.Menjaga Kesehatan sampai Lanjut Usia

Cara berendam di air laut agar mendapatkan manfaatnya
Caranya adalah :

-Anda berendam pada air laut antara 30 menit s/d 1 jam (tergantung penyakitnya berat atau ringan) dipagi hari sekitar pukul 6.30 atau pukul 7.00 (lebih pagi lebih baik).
-Usahakan air laut tersebut tidak tercampur air tawar (misalnya dekat dengan muara sungai), lebih baik lagi tidak terdapat muara sungai disekitar tempat kita berendam.
-Bagi Anda yang tidak suka ataupun takut untuk berendam di air laut anda hanya perlu merendam kaki anda saja, lebih baik lagi jika merendam kakinya tidak hanya berdiam disitu saja ,alias sambil jalan-jalan.
-Lakukan secara rutin paling kurang 3 kali seminggu dan apabila sudah ada perubahan dapat dikurangi sedikit demi sedikit, dan untuk menjaga agar tetap sehat lakukanlah seminggu atau dua minggu sekali.

Ini jadi perhatian masyarakat terhadap kesehatan yang semakin menurun mengikuti usia khususnya untuk Anda yang sibuk bekerja dan kurang berolahraga. Nah kami mengajak Anda untuk terapi pengobatan penyakit menggunakan air laut dikenal dengan istilah thalassotherapy dan sudah dipraktikkan sejak berabad-abad oleh bangsa Mesir kuno.

Meskipun istilahnya sama,yakni mandi, namun mandi menggunakan air laut,lebih tepatnya berendam di pantai pada pagi hari memiliki manfaat yang lebih banyak karena kandungan yang terdapat dalam air laut tersebut.

Pancaran sinar matahari pagi pada hari air laut juga akan menghasilkan udara yang sehat yang dapat digunakan untuk terapi dan mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mencoba datang lebih pagi untuk mandi dengan air laut dan mendapatkan manfaatnya. Semoga Bermanfaat…

Penulis : Nirwana Falah,S.Sos.

N1
loading...