Foto adalah gambar yang dibuat dengan kamera dan peralatan fotografi lainnya. Selain itu foto dan potret juga sering digunakan sebagai kiasan. Misalnya foto/potret masa silam itu sering muncul kembali dalam benaknyaā€¯

Dalam hal ini, foto/potret berarti bayangan, gambaran, atau kenangan. Misalnya Potret Raja-raja Bone dari masa ke masa. Kata potret di sini adalah makna kiasan yang bertujuan untuk memudahkan pembuatan dan pemanfaatannya, sesuai dengan standar kualitas bagi masing-masing keperluan.

Ada banyak sekali kategori foto, antara lain: foto keluarga, foto dokumentasi, foto resmi, foto salon, foto seni, foto kriminal, foto porno, foto kedokteran, foto infra merah, foto bawah taut, foto satelit, foto udara, foto mikro, foto jurnalistik, dan lain-lain.

Sketsa foto di bawah ini diupayakan oleh Mursalim dengan pelukis Andi Bahrum Djahidin pada tahun 2017. Dengan tujuan agar ada gambaran dan rujukan, di mana dalam sejarah Raja-raja Bone hanya menampilkan sebagian besar rangkaian kalimat tanpa ilustrasi.

Upaya ini kami lakukan semata-mata untuk memudahkan mempelajari sejarah para penguasa di kerajaan Bone masa lalu. Apabila dilengkapi dengan potret bisa menambah semangat bagi para pembaca untuk mempelajari sejarah. Seluruh bukti-bukti pembuatan potret Raja-raja Bone ini masih tersimpan rapi di rumah (sekretariat Teluk Bone, BTN Timuram 2 Jalan Sungai Musi Watampone, Kabupaten Bone)

Potret Raja dan Ratu yang pernah berkuasa di Kerajaan Bone. Di Mulai dari Raja Pertama sampai raja terakhir (1-33) Silakan Buka di SINI

Baca juga : Sejarah Raja-raja Bone

BACA JUGA :  Titipan Bugis