Ilmu dan pengetahuan dapat diperoleh melalui lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan melalui pendidikan/sekolah. Ilmu itu bersifat objektif yang biasanya diperoleh melalui metode pembuktian. Sedangkan pengetahuan bersifat subjektif yang belum diuji kebenarannya biasanya hanya semacam asumsi dari seseorang atau manusia.

Kita kembali ke topik dalam tulisan ini, yaitu perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

Di Indonesia, pendidikan tinggi terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu pendidikan “akademik” dan pendidikan “vokasi”. Bedanya adalah pendidikan “akademik” lebih fokus pada penguasaan ilmu pengetahuan untuk para lulusannya. Sedangkan pendidikan “vokasi” lebih mempersiapkan agar lulusan bisa mengaplikasikan keahliannya.

Baik, sekarang kita mencoba membahas masing-masing jenis perguruan tinggi, yaitu:

1. Universitas:

Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas merupakan perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas. Dengan kata lain, hampir semua jenis ilmu pengetahuan ada di universitas.

2. Institut:

Institut merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan sejumlah rumpun ilmu pengetahuan atau teknologi tertentu. Bisa dikatakan rumpun ilmu di institut lebih terbatas dibanding universitas. Contohnya adalah Institut Teknologi Surabaya (ITS), di mana semua rumpun ilmu di ITS lebih fokus pada unsur teknik dan teknologi, dan lainnya.

3. Sekolah Tinggi:

Sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan di satu rumpun ilmu pengetahuan atau teknologi tertentu. Misalnya, STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran), STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) dan lainnya.

4. Politeknik:

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, politeknik akan fokus agar lulusan bisa mempraktikkan keahliannya. Misalnya Politeknik Kelautan dan Perikanan (PKP) Bone, dan lain-lain.

5. Akademi:

Akademi adalah perguruan tinggi dalam pendidikan vokasi yang hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau beberapa cabang bidang ilmu. Beberapa contoh akademi misalnya, akademi kebidanan, akademi keperawatan, Akademi Pariwisata, dan lainnya.

N1
loading...