ilustrasi

Kita mengenal program pendidikan diploma satu (D1), diploma dua (D2), diploma tiga (D3), dan diploma empat (D4). Ada juga pendidikan akademik yang merupakan pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang mencakup program Pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (D3).

Para lulusan SMA/sederajat, bisa melanjutkan pendidikan program D1, D2, D3, D4, ataupun S1. Nah, untuk selengkapnya berikut perbedaannya masing-masing:

1. Diploma satu (D1)

Masa kuliah di jenjang D1 adalah 1 tahun atau 2 semester dengan beban 32 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktik dan laporan karya ilmiah.

Pada jenjang diploma, mahasiswa dipersiapkan untuk menguasai suatu kemampuan atau keterampilan yang diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja.

Oleh karena itu, para mahasiswa dibekali dengan banyak praktik yang bisa digunakan di dunia kerja. Lulusannya akan mendapat gelar Ahli Pratama (A.P.).

2. Diploma dua (D2)

Masa kuliah di jenjang D2 adalah 2 tahun atau 4 semester dengan beban 64 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan berupa kerja praktik dan laporan karya ilmiah.

Di jenjang D2 ini mahasiswa dibekali dengan lebih banyak praktik dibandingkan teori yang bertujuan untuk mengasah keterampilan. Mahasiswa diharapkan bisa langsung terjun ke dunia kerja. Setelah lulus mendapatkan gelar Ahli Muda (A.Ma.).

3. Diploma tiga (D3)

Masa kuliah D3 adalah 3 tahun atau 6 semester dengan beban 112 SKS. Tugas akhir yang menjadi syarat kelulusan dari jenjang D3 pun tak jauh berbeda dengan diploma lainnya, yaitu harus menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan karya ilmiah.

Seperti jenjang sebelumnya, mahasiswa dibekali pengetahuan praktik agar kelak bisa langsung terjun ke dunia kerja. Lulusannya dari jenjang D3 akan memiliki gelar Ahli Madya (A.Md.).

4. Diploma empat (D4)

Diploma empat biasa juga disamakan dengan program sarjana. D4 pun kerap disebut sebagai sarjana terapan, karena untuk menyelesaikan jenjang ini memerlukan waktu sekitar 4 tahun dengan menyelesaikan beban 144 SKS, jadi sama seperti sarjana (S1).

Bedanya dengan S1, yaitu pada D4 lebih mempelajari ilmu-ilmu praktik atau ilmu-ilmu terapan. Tugas akhir yang harus dipenuhi pun sama dengan program diploma lainnya, harus menyelesaikan kerja praktik dan juga laporan karya ilmiah. Lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

Adapun sebutan profesional lulusan Program Diploma, yaitu :
a. Ahli Pratama untuk Program Diploma I disingkat A.P.
b. Ahli Muda untuk Program Diploma II disingkat A.Ma.
c. Ahli Madya untuk Program Diploma III disingkat A.Md.
d. Sarjana Sains Terapan untuk Program Diploma IV disingkat S.S.T.

N1
loading...