Peran dan Batasan User pada Website

Pihak WordPress menyediakan lima user yang dapat Anda gunakan, antara lain: pelanggan, kontributor, penulis, penyunting, dan administrator. Anda dapat menambahkannya dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Lima user tersebut di atas memiliki peranan dan batasan tersendiri untuk website Anda. Mari kita kenali peranan dan batasannya masing-masing.

Peran dan Batasan Pengguna (User) di WordPress

  • Penulis/Author

Penulis atau Author berperan untuk menulis artikel di dalam website anda. Penulis hanya dapat menulis, mengedit, mempublikasikan tulisan yang telah dibuat oleh si penulis tersebut ke dalam website Anda. Namun, penulis tersebut tidak dapat mengubah atau mengedit, dan menghapus hasil tulisan dari penulis lainnya.

  • Penyunting/Editor

Penyunting atau Editor berperan untuk menyunting artikel di dalam website Anda, seperti melakukan editing pada setiap posting artikel, dan menambahkan halaman beserta kategori, dan mengatur setiap komentar yang ada di dalam artikel tersebut.

  • Kontributor/Contributor

Kontributor atau Conributor berperan untuk menulis, mengedit,dan menghapus artikel namun ia tidak dapat mempublish artikel tersebut sebelum memiliki persetujuan dari administrasi atau editor, jadi kontributor ketika selesai menulis hanya bisa menyimpan tulisan tersebut.

  • Administrator

Administrator berperan penting untuk website Anda dan memiliki hak akses penuh terhadap website. Administrator dapat mengganti tema, plugin, menghapus artikel, menghapus user, dan sebagainya. Perlu di ingat, berikan peran administrator kepada orang yang Anda percaya agar ia tidak menyalah gunakan fasilitas yang telah Anda berikan.

  • Pelanggan/Subscriber

Pelanggan atau Subscriber tidak memiliki peran apapun, karena pelanggan hanya akan mendapatkan update artikel di dalam website Anda setelah ia mendaftar melalui email dan fitur tersebut tersedia jika Anda mengaktifkan layanan langganan.

BACA JUGA :  Perbedaan Portal Web dengan Situs Web