Pengertian Visi dan Misi

Secara umum, pengertian visi adalah pandangan jauh ke depan dari individu atau suatu organisasi, berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai, dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut di masa depan.

Secara umum pengertian Misi adalah segala sesuatu (strategi, tindakan) yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi. Misi organisasi merupakan tujuan dan alasan berdirinya sebuah organisasi dan menjadi pedoman dan arahan dalam mencapai tujuan organisasi.

Jika digabungkan, pengertian visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam waktu tertentu.

Semua organisasi termasuk pemerintahan pasti memiliki visi dan misi masing-masing. Visi dan misi ini digagas dan dirancang sedemikian rupa ketika organisasi tersebut didirikan dan menjadi pedoman dalam menjalankan organisasi.

Visi dan misi harus dituangkan dalam bentuk tulisan agar semua pihak, baik internal maupun eksternal, mengetahui tujuan dari organisasi yang didirikan.

Meskipun keduanya merupakan satu kesatuan, pada dasarnya pengertian visi dan misi itu sebenarnya berbeda.

1. Pengertian Visi

Seperti dijelaskan di atas, Secara umum, pengertian Visi adalah pandangan jauh ke depan dari individu atau suatu organisasi, berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai, dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut di masa depan.

Definisi Visi adalah rangkaian kata di mana di dalamnya menunjukkan suatu cita-cita, impian, atau tujuan yang ingin dicapai. Setiap organisasi umumnya memiliki visi atau tujuan di masa depan yang merupakan buah pikiran para pendiri organisasi tersebut.

Di dalam visi biasanya terdapat pandangan tentang arah suatu manajemen kemana arah perusahaan tersebut dibawa.

Secara ringkas, makna visi adalah sebagai berikut ;

BACA JUGA :  Penyebab Seseorang Menjadi LGBT

a. Visi adalah cita-cita atau tujuan suatu organisasi di masa depan yang dibuat secara tertulis.

b. Visi adalah suatu gagasan yang dibuat secara tertulis tentang cita-cita atau tujuan utama para pendiri suatu organisasi.

c. Visi dibuat dalam bentuk tulisan singkat, jelas, dan fokus, yang menjelaskan arah suatu organisasi.

Syarat-syarat Visi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah visi, di antaranya :

a. Berorientasi pada masa depan
b. Sebagai wujud ekspresi kreativitas
c. Tidak berdasar pada kondisi saat ini
d. Berdasar pada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan kepada masyarakat.

2. Pengertian Misi

Sudah dijelaskan sebelumnya, Secara umum pengertian misi adalah segala sesuatu (strategi, tindakan) yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi. Misi organisasi merupakan tujuan dan alasan berdirinya sebuah organisasi dan menjadi pedoman dan arahan dalam mencapai tujuan organisasi.

Pengertian misi dapat juga didefinisikan sebagai penjabaran suatu visi di mana penulisannya dibuat dengan lebih lengkap sehingga dapat dipahami setiap orang yang membacanya.

Secara ringkas, makna Misi adalah sebagai berikut;

a. Misi adalah semua penjabaran dari visi suatu organisasi.
b. Misi adalah strategi, tindakan, atau berbagai tahapan yang harus dilakukan suatu organisasi untuk merealisasikan visi.
c. Misi adalah berbagai tahapan yang dilakukan untuk merangsang terjadinya pencapaian visi suatu organisasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, visi dan misi adalah satu kesatuan, namun masing-masing memiliki perbedaan dalam pengertian.

Secara simpel, berikut perbedaan visi dan misi, yaitu :

1. Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, cita-cita, atau hal yang ingin dilakukan di masa depan

2. Visi umumnya hanya terdiri dari beberapa kalimat/ pernyataan saja

3. Misi merupakan langkah, strategi, cara untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai.

BACA JUGA :  Bahasa Sebagai Unsur Kebudayaan Bugis

4. Misi umumnya terdiri dari rangkaian kalimat/ pernyataan yang cukup panjang dan detail mengenai cara, strategi, upaya, yang akan dilakukan.

Demikian yang perlu diketahui tentang pengertian Visi dan Misi.