Pengertian domain, Url, Hosting dan Name server

Bagi yang sudah memiliki sebuah website/situs tentu harus memahami apa arti dari domain, url, hosting, dan server. Karena secara tidak langsung, ketika kita ingin memiliki website/blog atau situs kita telah bersinggungan dengan istilah-istilah di atas.

Pengertian Domain dan URL

Domain adalah adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.

Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, Homepage atau alamat website. Domain dan Url fungsinya sama yaitu untuk mengingat nama sebuah situs.

Sebuah situs terdiri dari deretan angka yang rumit atau biasa disebut IP address (misal: 74.165.70.70). Karena angka ini merupakan sesuatu yang unik dan susah diingat orang, maka deretan angka unik diubah menjadi huruf abjad agar lebih mudah di ingat. Misal: telukbone.id atau telukbone.com dll.

Jenis-Jenis Domain

Setiap domain memiliki extensi dibelakangnya. Misal: telukbone.com, telukbone.id dll. Berikut penjelasannya :

Domain .Com, .Net dapat dimiliki oleh setiap individu dengan cara membeli di tempat pembelian domain (misal Master Web) hanya bermodalkan KTP dan sejumlah biaya Domain .Go.id dimiliki oleh instansi pemerintahan resmi.

Go adalah singkatan Goverment dan id adalah Indonesia, Domain .co.id dimiliki oleh perusahaan swasta yang sifatnya komersil. Jadi mereka harus melampirkan SIUP jika ingin membeli domain .co.id

Dalam istilah domain dikenal juga ada namanya SUBDOMAIN.

Subdomain adalah domain yang menjadi cabang dari domain induk. Contoh, Lihat vivanews.com jika kita lihat link bola akan ditautkan ke bola.vivanews.com.

BACA JUGA :  Jenis-Jenis Website

Jadi vivanews.com adalah domain utama dan bola.vivanews.com adalah subdomainnya untuk khusus masalah olahraga sepakbola.

Untuk pemerintahan, misanya kominfo.bone.go.id domain utamanya adalah bone.go.id dll.

Pengertian Hosting

Hosting/Webhosting adalah tempat penyimpanan data online agar bisa di akses oleh orang lain. Jadi semua artikel dan database suatu domain disimpan di hosting.

Analogi mudahnya adalah data dan hardisk pada komputer. Data adalah artikel dan database sedangkan hardisk adalah hosting. Bedanya hanyalah, hosting bisa dilihat darimana saja asalkan ada koneksi internet. Hosting yang terkenal misalnya, adalah hostgator dan bluehost, dll.

Pengertian Name Server

Name Server adalah bagian dari hosting. Sama seperti domain, Name server merupakan sekumpulan angka unik dan dimiliki oleh pemilik website. Jadi setiap domain memiliki nameserver yang berbeda pada hosting untuk membedakan domain kita dengan domain orang lain.

Itulah definisi atau pengertian domain, Url, Hosting dan Name server.