Penelitian Lembaga Seni Budaya Teluk Bone Sebagai Wadah Pelestarian Musik Tradisional di Kabupaten Bone

ABSTRAK, Yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan adalah, sebagai upaya pendokumentasian dan publikasi lembaga Seni Budaya Teluk Bone di Kabupaten Bone agar jangkauannya lebih meluas serta bisa memberikan manfaat pada orang lain.

Adapun Tujuan penelitian ini adalah :

1) Untuk mengetahui latar belakang keberadaan Lembaga Seni Budaya Teluk Bone di Kabupaten Bone.
2) upaya yang dilakukan Lembaga Seni Budaya Teluk Bone dalam melestarikan Musik Tradisional di Kabupaten Bone.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan 2 teknik, yaitu observasi dan wawancara. observasi dilakukan pada saat penelitian ini berlangsung, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriftif kualitatif.

Sedangkan metode wawancara yang digunakan adalah metode tak berstruktur atau bebas dan terbuka. Wawancara tak berstruktur adalah wawancara di mana arah pembicaraannya sekehendak. Sementara wawancara terbuka dimaksudkan agar subyek dapat mengetahui bahwa dirinya sedang diwawancarai dan mengetahui pula maksud diadakannya wawancara tersebut.

Melalui metode dan analisis data tersebut, maka diperoleh hasil yang disimpulkan bahwa Lembaga ini didirikan pada tanggal 13 Agustus tahun 2000 dengan Nama “Sanggar” kemudian pada tanggal 19 Mei 2006 berganti menjadi sebuah “Lembaga” dengan Akta Notaris No.3.

Keberadaannya dapat diterima baik oleh masyarakat, karena selain upayanya yang terus menggali kembali tradisi yang hampir hilang, juga berusaha menerapkan 2 metode, yakni berusaha melakukan pembinaan berupa pelatihan Musik Tradisional diberbagai instansi yang ada di Kabupaten Bone, seperti Sekolah-sekolah SD, SMP, SMA, PT, dan di lingkup masyarakat pada umumnya. Kemudian metode yang kedua, yaitu berusaha memberikan suatu informasi mengenai pengetahuan atau pendidikan kebudayaan daerah, khususnya kesenian kepada masyarakat dari kalangan internal maupun eksternal melalui media internet.

Dengan menggabungkan kembali antara kedua metode tersebut, maka salah satu dari Anggota Lembaga ini mencoba membuat Alat Musik Tradisional berupa Gendang dengan nama “Gendang Artebo (Arifuddin Teluk Bone)” sebagai salah satu alat yang digunakan sebagai pelatihan serta bisa dipasarkan melalui internet.

BACA JUGA :  Mencermati Unjuk Rasa di Kalangan Siswa

Sumber : http://eprints.unm.ac.id/4820/

Hasil Penelitian : Unduh