Setiap manusia di dunia ini pastilah mempunyai pengalaman dalam hidupnya,
tapi apakah pengalaman tersebut bernilai atau tidak bagi kehidupan seorang, tergantung cara kita menilainya.

Suatu perubahan selalu menuntut pengorbanan. Baik itu materi, waktu, tenaga, dan pikiran. Jadi perubahan tanpa pengorbanan bukanlah perubahan yang sebenarnya.

Ketika seseorang selalu mengingat pengalamannya berarti pengalaman tersebut berarti memiliki nilai dalam hidup orang tersebut. Entah pengalaman buruk, pengalaman indah, menyenangkan, menyedihkan, dan pengalaman lainnya.

Jangan biarkan Anda lumpuh oleh ide-ide perubahan. Beradaptasilah.
Lihatlah sebagai peluang yang lebih menguntungkan. Kenyataannya, dari pengalaman yang paling buruk atau menyedihkan biasanya mengantarkan kita ke arah yang lebih baik.

Pengalaman yang menyenangkan bahkan seringkali akhirnya membawa kita pada situasi yang tidak diharapkan sebaliknya pengalaman buruk atau menyedihkan membuat kita semakin cerdas untuk menemukan sebuah solusi.

Dari solusi yang diperoleh dari berbagai permasalahan yang ada merupakan bagian dari pengalaman hidup dan semakin menambah khazanah menuju sebuah perubahan yang hakiki. Justru pengalaman hidup yang hanya diwarnai dengan kenikmatan, maka tunggulah suatu saat berangsur-angsur akan pergi dari kita.

Oleh karena itu, nilai sebuah perubahan pada dasarnya terletak sejauh mana kita mampu mengubah dari sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi sesuatu yang berguna untuk diri dan orang lain.

BACA JUGA :  Belajar dari Sebuah Titik (.)