Musik Tremolo Teluk Bone

Tremolo, yaitu pengulangan not yang sama dengan tempo cepat, untuk mengintimidasi nada panjang dari alat musik tiup atau gesek. Cara memainkan tremolo pada gitar, yaitu dilakukan dengan cara memetik cepat pada satu senar dengan tiga jari a, m, i, yang disertai iringan dengan petikan ibu jari sebagai ritmis pada senar yang berbeda.

Mengingat terdapat teknik tremolo yang lebih dominan dan cukup panjang di beberapa bagian, maka diperlukan latihan teknik tremolo sesering mungkin untuk mendapatkan kerataan suara saat memainkan teknik tersebut, sehingga pembagian nada-nadanya terdengar lebih baik dan jelas. Seperti pada video ini saya baru belajar memainkan petikan tremolo untuk versi saya sendiri.

Dalam bermain gitar beberapa teknik sangat membantu pemain dalam memainkan sebuah karya sesuai dengan keinginan dari composer dan setiap pemain mempunyai interpretasi yang berbeda sesuai karakter dan teknik-teknik yang memadai dari setiap pemain.

Dalam permainan gitar tunggal, teknik yang dikuasai oleh seseorang tercermin dalam permainannya. Untuk dapat bermain gitar dengan kualitas yang baik, seseorang dituntut untuk memiliki teknik permainan yang baik pula.

Musik adalah suatu hasil karya seni yang berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan perasaan atau pikiran penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu: irama, melodi, harmoni, bentuk dan stuktur lagu serta ekspresi (dinamika) sebagai satu kesatuan.

Menginterpretasi sebuah karya musik bukanlah hal yang mudah karena selain diperlukan wawasan yang luas mengenai musik, terutama yang berhubungan dengan latar belakang karya tersebut juga diperlukan teknik permainan yang memadai.

BACA JUGA :  Sinopsis Bugis Anak Dara