Dalam menyemarakkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI Dinas Pariwisata Kabupaten Bone bekerja sama berbagai pihak membentangkan Merah Putih sepanjang 73 meter di Pulau Tangkulara yang berada di perairan Teluk Bone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Minggu 19 Agustus 2018.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah instansi, Dinas Parawisata Kabupaten Bone, Politeknik Bone, Kodim 1407 Bone, Polres Bone, BPBD Bone, Basarnas Bone, dan Team 7 Bone.

Turut hadir langsung Kadis Parawisata Bone A. Ikhwan Burhanuddin, S.H.,M.Si. Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam, Ketua Basarnas Bone Andi Sultan.

Kadis Pariwisata Kabupaten Bone, Andi Ikhwan Burhanuddin mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Ia menuturkan kegiatan tersebut sengaja diadakan di Pulau Tangkulara sebagai bagian dari promosi wisata Tangkulara.

“Pulau Tangkulara ini merupakan surga tersembunyi di Bone, sudah kami lirik untuk dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bone,” ungkapnya.

“Pulau ini terletak di Perairan Teluk Bone tidak jauh dari pelabuhan Bajoe dan objek wisata Tanjung Pallette, serta Bukit Cempalagu, jelasnya.

Selain membentangkan merah putih, para peserta juga melakukan kegiatan bersih sampah di pinggir pantai sekitar Tanjung Pallette dengan melakukan penyelaman sambil memungut sampah.

Lokasi Pantai Tangkulara terletak bagian Timur dari Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone sekitar satu mil dari Pelabuhan Penyeberangan Bajoe.

Untuk mencapai lokasi tersebut,  dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Namun demikian, lantaran Pulau Tangkulara merupakan pasir timbul di perairan Teluk Bone. Anda sebaiknya berkunjung sekitar pukul 11.00 -13.00 Wita.

Pada jam tersebut air laut Teluk Bone sedang surut dan tentunya kondisi Pulau Tangkulara nampak keindahan pasirnya.

BACA JUGA :  Pantai Tete Jalan Bawah Laut

Sementara untuk pukul 14.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita Pulau Tangkulara kembali tidak terlihat.

Jadi selain Tanjung Pallette, Tanjung Pattiro, dan Bukit Cempalagi maka Pulau Tangkulara bisa menjadi alternatif bagi wisman yang ingin berkunjung di Kabupaten Bone. Karena tempat tersebut semua berdekatan dan berada di kawasan Teluk Bone.

Lihat Videonya Di Sini