Pemerintah Kabupaten Bone terus berupaya melakukan reformasi birokrasi dengan membangun konsep kota cerdas atau yang lebih dikenal dengan Smart City.

Konsep tersebut dibangun dengan tujuan untuk membentuk suatu kota yang aman dan nyaman serta pelayanan kepada masyarakat dapat terintegrasi dengan baik.

Untuk menunjang gerakan menuju Smart City di Kabupaten Bone dari segi menuju kota aman, nyaman, dan berdaya saing, Pemerintah Kabupaten Bone melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian bekerja sama dengan Polres Bone mengumpulkan tokoh-tokoh dari kalangan pengusaha, pemilik perhotelan, pihak perbankan dan OPD terkait dalam rapat koordinasi pemanfaatan teknologi informasi menuju Bone Smart City di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bone, Jumat 20 April 2018.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Drs. A. Amran, M.Si. dalam laporannya mengatakan rapat koordinasi dilaksanakan untuk menyatukan persepsi dan menghimpun masukan dari kalangan pengusaha dan perbankan tentang rencana pemasangan CCTV di beberapa lokasi strategis.

“ gerakan menuju Bone Smart City dilaksanakan bertahap diantaranya dengan pemasangan CCTV di beberapa titik yang nantinya terintegrasi dengan Command Centre” Ujarnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Bone Ir.H.A. Bakti Haruni, C.E.S. menyambut baik program gerakan menuju Bone Smart City tersebut.

Gerakan ini menurutnya selain pendayagunaan IT untuk promosi potensi daerah juga meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Andi Bakti Haruni berharap kerja sama berbagai pihak baik dari unsur pemerintah maupun pihak swasta. “ rencana pemasangan CCTV di lokasi strategis dan di lokasi tempat usaha atau perbankan yang terintegrasi akan memudahkan pemerintah daerah memantau aktivitas masyarakat dan memudahkan pihak kepolisian dalam memantau kondisi keamanan masyarakat” Ujarnya.

Sementara itu Kapolres Bone AKBP Muh. Kadarislam Kasim,S.H, S.I.K., M.Si, dalam paparannya mengatakan sebagai upaya memaksimalkan keamanan masyarakat, pihaknya meminta pihak OPD, Pengusaha, Hotel, Perbankan maupun tempat usaha yang lain agar dapat memasang CCTV di depan kantor masing-masing.

Pemasangan CCTV tersebut nantinya akan di integrasikan dengan program smart city yang akan dilakukan Pemkab Bone. “ kami ingin adanya kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas, sehingga pemasangan CCTV pada lokasi-lokasi yang dianggap penting dan rawan sangat dibutuhkan” Ujarnya.

Pihak Polres Bone ke depan, menurut Kadarislam juga akan memasang CCTV di lima lokasi dengan tujuan memantau pergerakan kendaraan dan kondisi keamanan masyarakat yang akan terintegrasi dengan command center yang rencananya akan dibangun di Pos Lalu Lintas Taman Arung Palakka Watampone.

Source : BONE.GO.ID

N1
loading...