Mengenal Phising dan Penyebabnya

Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target/korban dengan maksud untuk mencuri akun target.

Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya. Phising bisa dikatakan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban untuk maksud tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.

Phising biasanya sering digunakan pada email, di mana penyebaran melalui email ini dilakukan untuk memberikan informasi yang mengarah ke halaman palsu untuk maksud menjebak korban.  Untuk menghindari phising, pengguna harus lebih berhati-hati dengan memperhatikan beberapa hal keamanan. Termasuk mendownload beberapa aplikasi yang tidak jelas banyak tersebar di playstore.

Misalnya, jika Anda mengakses suatu halaman website, maka pastikan Anda berada di halaman website dengan url domain yang benar. Misalnya, untuk login facebook pastikan Anda mengakses halaman https://facebook.com/ bukan halaman selain itu.

Phising banyak memakan korban di sektor sosial media, hal itu dikarenakan sosial media merupakan akun harian yang sering digunakan oleh pengguna, tanpa sadar pengguna memasuki halaman jebakan yang menyebabkan pengguna bisa saja terjebak karena halaman palsu tersebut.

Tidak hanya itu, phising juga terkadang bisa terjadi manipulasi di mana komputer/handphone yang terinfeksi bisa saja memanipulasi beberapa hal yang membuat halaman itu merupakan halaman aslinya, sehingga perlu diperhatikan untuk komputer/selular Anda tidak terkena virus untuk menghindari kasus seperti ini.

Banyak sekali kasus kejahatan phising yang sering dilakukan, terlebih hal itu bisa saja mencuri banyak informasi anda seperti akses akun Anda, email, sosial media, bahkan akun Bank Anda. Oleh karena itu selalu berhati-hati dan lebih cerdas saat berselancar di internet!

N1
loading...