Pinokio (Bahasa Italia: Pinocchio) adalah tokoh sentral dalam cerita Petualangan Pinokio karangan Carlo Collodi. Kisah pinokio sangat erat dengan si hidung panjang.

Dongeng Pinokio merupakan suatu cerita edukatif tentang boneka kayu yang berubah menjadi anak laki-laki bernama Pinokio karena bantuan peri.

Pinokio memiliki petualangan yang mengubahnya dari anak yang nakal dan suka berbohong menjadi anak yang baik dan patuh pada orang tua.

Cerita Pinokio berawal dari sepotong kayu yang diberikan Tuan Cherry kepada pemahat bernama Geppeto.

Geppeto kemudian mengubah kayu tersebut menjadi sebuah boneka kayu yang diberi nama Pinokio.

Suatu hari Pinokio yang lapar mencoba membuat omelet, tetapi sayangnya omelet tersebut terlempar ke luar rumah dan kaki Pinokio terbakar kompor.

Geppeto yang baru saja pulang ke rumah langsung membuatkan kaki baru untuknya dan memberikan makanan yang dia punya untuk Pinokio.

Geppeto sangat menyayangi Pinokio sebagai anaknya, dia menjual mantelnya untuk membeli buku sekolah Pinokio.

Sayang buku tersebut malah dijual oleh Pinokio untuk membeli tiket pertunjukan boneka kayu.

Pinokio hampir saja dibakar oleh pemilik pertunjukan, tetapi ketulusan hati Pinokio malah membuatnya diberi sejumlah koin emas.

Di perjalanan pulang untuk memberikan koin emas kepada Geppeto, Pinokio malah mengikuti rubah dan kucing jahat yang berjanji akan menggandakan koin emas tersebut.

Sayangnya, Pinokio malah tertipu, dirampok, dan nyaris dibakar oleh rubah dan kucing itu.

Dalam petualangannya kembali ke rumah, Pinokio banyak menemui kesulitan dan mendapatkan bantuan dari peri.

Pinokio juga dikisahkan pernah menjadi keledai dan dimakan oleh ikan hiu.

Berbagai masalah dialami Pinokio karena sifatnya yang polos, bodoh, suka berbohong, dan egois.

Namun pengalaman-pengalaman yang dialaminya mengubah Pinokio menjadi pribadi yang peduli terhadap perasaan orang lain dan patuh kepada orang tua.

Akhir dari dongeng ini adalah Pinokio bertobat dan dapat bertemu kembali dengan Geppeto dan berubah menjadi anak laki-laki nyata.

Pinokio diciptakan oleh Carlo Collodi dari keluarga Geppetto. Kemunculan pertama: Petualangan Pinokio (1883. Diperankan oleh: Eion Bailey, Dickie Jones, Andrea Balestri.

Kisah Pinokio Ada Benarnya, Tanda-tanda Orang Bohong Ada di Hidung

Seperti dikisahkan sebelumnya, bahwa boneka kayu Pinokio buatan Mr Gepetto akan memanjang hidungnya setiap kali berbohong. Meski tidak benar-benar jadi panjang, penelitian membuktikan bahwa tanda-tanda orang bohong memang ada di hidung.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Granada tersebut menunjukkan, hidung akan mengalami peningkatan suhu ketika pemiliknya sedang berbohong. Gejala ini mungkin tidak kasat mata, tetapi dengan kamera khusus akan sangat mudah dibedakan.

Memanasnya suhu hidung saat berbohong diyakini terjadi sebagai akibat sebagai efek dari kegelisahan akibat merasa bersalah. Untuk mendinginkannya agar tidak ketahuan,para ilmuwan menyebut upaya tersebut sebagai perjuangan mental yang luar biasa.

Emilio Gomez Milan dan Elvira Salazar Lopez yang melakukan penelitian tersebut sebagai tesis doktoralnya mengatakan, peningkatan suhu tidak hanya terjadi di hidung tetapi juga daerah di ujung mata bagian dalam. Perubahan suhu pada bagian-bagian tersebut selalu mengikuti suasana hati atau mood.

Meski tidak benar-benar memanjang seperti Pinokio, kedua ilmuwan ini tetap menjulukinya sebagai ‘Efek Pinokio’. Tidak lain karena keduanya ingin menghargai tokoh dongeng dari abad ke-19, yakni Pinokio si bocah jadi-jadian yang tercipta dari boneka kayu buatan Mr Gepetto.

Perubahan suhu tersebut teramati dengan thermal imaging atau kamera khusus untuk pencitraan panas. Diklaim, teknologi ini juga bisa mengamati rangsang seksual yang dialami laki-laki maupun perempuan yang tampak dari perubahan suhu di aera genital.

Teknologi ini juga dipakai untuk menghasilkan jejak termal untuk olahraga aerobik maupun untuk membedakan jenis-jenis tarian, misalnya balet.

“Ketika seseorang menarikan Flamenco (sebuah tarian asal Spanyol), suhu di bokong menurun sedangkan suhu di lengan justru meningkat,” terang keduanya seperti dikutip dari Daily Mail.

N1
loading...