Dunia Sepi Tanpa Seni

Kata orang seni memang menyenangkan. Tanpa seni dunia terasa sepi. Apapun di dunia ini tanpa adanya nilai seni barangkali akan terasa hambar. Ibaratkan “Sayur tanpa Garam” mungkin lebih tepat dibilang seperti itu.

Dan seni itu memang cakupannya sangat luas sekali. Segala apapun yang ada di sekeliling kita juga bisa dikatakan termasuk dalam dunia seni.

Mulai dari suara yang selalu kita dengar dan visual yang selalu kita lihat. Hingga yang tak terdengar dan tak terlihat juga ada. Seni cinta dan asmara tak ketinggalan.

Masih ingatkah sewaktu Anda duduk di bangku  SD ketika guru kita menyuruh satu persatu muridnya ke depan kelas sebelum lonceng berbunyi tanda pulang?

Ada murid dengan berdiri tegap di depan kelas sambil membawakan lagu andalannya entah itu lagu wajib atau lagu bebas.

Tapi ada juga di antaranya malu-malu sambil garuk-garuk kepala dan itupun kalau nyanyi sembunyi di belakang papan tulis.

Sekarang pertanyaannya, kira-kira saat ini  Anda termasuk di posisi yang mana?. Meski tak semua orang suka dengan aktivitas Seni. Berikut ini catatan terkait tipe-tipe orang yang sering terjadi dalam dunia seni.

TIPE 1 : PENONTON SENI
Orang yang seperti ini tergolong sangat cuek dengan seni. Bisanya yaa cuman jadi penonton. Itu pun terkadang cuman karna kebetulan. Artinya iyaa memang dia tidak ada niat sama sekali di bidang seni. Ciri-cirinya gampang sekali dilihat dari kehidupannya sehari-hari. Orangnya sudah pasti sangat kaku.

TIPE 2 : PENIKMAT SENI
Orang seperti ini lebih baik dari tipe pertama. Setidaknya dia bisa menikmati seni. Artinya tidak sekadar numpang jadi penonton aja, tapi juga bisa merasakan makna dari seni itu. Hanya saja tipe ini belum bisa mengekspresikan dirinya dengan baik. Cocoknya orang seperti ini jadi fans-fans dan penggemar artis saja.

BACA JUGA :  Lagu Afdeling Bone

TIPE 3 : PELAKU SENI
Yang ini orangnya cenderung mudah dalam mengekspresikan diri. Karena sudah saking asyiknya menikmati seni, tipe ini juga tidak mau kalah untuk unjuk diri. Iyaa, satu-satunya cara dengan menjadi pelaku seni juga. Artinya, orang ini pun sudah bisa menghasilkan sebuah karya seni. Tidak harus berbakat, yang penting mau terlibat aktif dalam seni walaupun hanya sesekali. Minimal satu bidang seni bisa dikuasai dengan baik.

TIPE 4 : PECINTA SENI
Kalau tipe yang terakhir ini bisa dibilang memang memiliki jiwa seni yang cukup tinggi. Ibaratnya seni itu adalah sudah menjadi bagian dari dirinya. Oleh karena itu, biasanya orang yang sudah sampai di level pecinta ini mampu terlibat dalam segala bidang seni sekaligus.

Apa-apa aja yang di sekelilingnya bisa diubah menjadi bernilai seni dalam sekejap. Iyaa namanya juga sudah cinta, apapun pasti berasa menjadi sangat mudah bukan?

Jadi disarankan ada baiknya kita jangan cuma bisa jadi penonton saja. Kan lebih baik jika kita juga bisa mengekspresikan segala potensi dari kita sendiri.  Dan semuanya juga berawal hanya dari sekadar senang dan tertarik saat melihat karya orang lain.

Sebenarnya semua orang pun bisa berkecimpung di dunia seni. Masalahnya kita mau belajar atau tidak. Karena modalnya memang sudah ada dari dalam diri kita. Jadi, mau dikeluarkan atau dipendam-pendam terus iyaa tergantung kita juga kan?