Command Center (Pusat Komando) telah menjadi sebuah keperluan di masa kini, dimana integrasi sangat diutamakan. Command center sendiri adalah ruangan pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

Salah satu fungsi command center yang terkenal adalah sebagai monitoring room. Tetapi tidak hanya itu, command center sangat membantu dalam mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar bidang.

Command center juga dapat membantu memastikan setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada. Command center sangat penting bagi kantor instansi pemerintahan sebagai bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Beberapa kantor pusat daerah di Indonesia telah memiliki command center sebagai pusat integrasi data mereka, untuk koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lebih efisien.

Command Center adalah bagian upaya menuju Smart City. Sebagai Kota Pintar menuntut pengawasan tidak melulu harus dilakukan secara manual. Sekarang di zaman serba canggih ini, penggunaan mesin komputer beserta alat-alat pendukungnya bisa diberdayakan untuk fungsi monitoring kegiatan di suatu kota/daerah.

N1
loading...