Kali ini kita akan membahas tentang cara memberikan kritikan dan saran yang baik terhadap suatu diskusi. Pasti semuanya sudah tahu apa arti dari diskusi, dan saya yakin para membaca sudah sering mengikuti diskusi baik di sekolah, kampus, maupun dalam suatu seminar. Tapi tahukah Anda, bahwa dalam sebuah diskusi untuk memberikan suatu kritik dan saran itu mempunyai aturan? Oleh karena itu, kita akan membahas tipsnya.

Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Sedangkan Saran adalah pendapat, usul, anjuran yang dikemukakan untuk dipertimbangkan.

Saran dikemukakan agar terjadi perbaikan atau peningkatan dari keadaan semula. Kritik dan saran sangat diperlukan setiap orang untuk kemajuan dan perbaikan diri kearah yang lebih baik. Namun terkadang kita sulit menerima kritik dan saran orang lain, dan terkadang ada sebagian orang yang marah dan tidak terima saat di beri kritik dan saran. Apalagi orang yang mempunyai ego tinggi, sehingga akan sering terjadi benturan antara pemberi kritik dan saran dengan si penerima.

Berikut ini adalah tips/cara untuk memberikan kritik dan saran yang benar :

1.Perhatikan kondisi emosi orang dengan baik.

Setiap insan manusia mempunyai karakter emosional yang berbeda. Ada yang mempunyai emosi tinggi ada juga yang rendah. Untuk itu perlu memahami karakter emosi orang yang akan kita kritik dan kita beri saran agar tidak terjadi kesalah pahaman.

2. Pilih waktu dan situasi yang tepat.

Carilah waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik dan saran. Janganlah di waktu emosi dia naik kita memberikan kritik dan saran, yang ada dia makin emosi. Lihat lah situasi dan kondisi yang tepat, jangan juga misalnya pas di tempat banyak orang kita langsung memberikan kritikan dan saran, bisa-bisa dia merasa malu karna kita kritik di depan banyak orang.

BACA JUGA :  Apakah Pengertian Mengkritik?

3. Jangan ada kesan menggurui.

Bila menyampaikan kritik dan saran, jangan ada kesan kita sok tahu sok pintar, seolah-olah kita menggurui dia. Tapi obrolkanlah kritik dan saran kita layaknya kita berdialog seperti biasanya, sehingga kesan yang dihadirkan santai tapi serius.

4. Sampaikan dengan bahasa yang baik dan tidak menyinggung.

Oleh karena itu, dalam menyampaikan kritik dan saran kita wajib bertutur bahasa yang baik dan tidak menyinggung. Orang yang kita beri kritik dan saran sangat sensitif. Karena jika dia merasa tersinggung bukannya menerima saran kita, tetapi malah marah-marah dan salah paham terhadap kita.

5. Berikan alasan yang logis dari setiap kritikan dan saran yang kita sampaikan.

Banyak orang yang diberi kritik dan saran serta pertanyaan, kita harus lebih dahulu mememahami, salah dia dimana, apa salah dia sehingga kita memberikan kritik dan saran. Untuk itu, untuk itu perlu juga kita berikan alasan yang logis tentang kesalahan atau kekurangannya, agar dia bisa mengerti dan menerima kritik dan saran kita.