Insiden smartphone meledak atau terbakar mungkin bukan kejadian yang mengejutkan lagi. Dari berbagai kejadian ada yang memakan korban dengan otak berhamburan. Di sini saya tidak posting foto dan videonya karena tidak layak ditampilkan.

Berbagai kasus smartphone meledak banyak di antaranya disebabkan oleh faktor baterai. Kareba baterai ponsel memang menyimpan risiko yang cukup berbahaya. Bila tidak digunakan dengan benar, baterai dapat melembung dan mungkin saja meledak.

Banyak faktor penyebab utama baterai menjadi kembung, umumnya adalah karena kesalahan pengguna. Namun selain itu pun masih ada faktor lain:

1. FAKTOR KESALAHAN PENGGUNA

Penggunaan secara berlebihan. Penggunaan ponsel yang berlebihan seperti terlalu lama menelpon, bermain game dan lain sebagainya akan menyebabkan suhu baterai meningkat karena harus bekerja ekstra. Hal ini turut menjadi penyebab utama melembungnya baterai.

Penggunaan charger yang tidak sesuai. Menggunakan charger lain (bukaan bawaan paket penjualaan) dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada baterai.

Jadwal charging yang tidak beraturan. Hal ini bisa berdampak buruk pada umur baterai gadget anda, dan membuatnya dapat cepat melembung.

2. FAKTOR USIA BATERAI

Usia pada baterai itu sendiri juga berpengaruh pada rusaknya baterai (kembung). Namun ukuran usia baterai sendiri berbeda sesuai jenis baterai itu sendiri. Pada umumnya, jenis baterai yang digunakan pada ponsel saat ini adalah jenis Li – Ion dan Li – Po, dan cara merawat kedua jenis baterai ini pun berbeda

3. FAKTOR KUALITAS BATERAI

Jika Anda berniat mengganti baterai yang digunakan pada ponsel, sebaiknya gunakanlah baterai orisinil karena akan menjamin kualitas dari baterai itu sendiri. Karena kualitas dari baterai juga dapat mempengaruhi kinerja dan umur baterai. Hal ini juga merupakan salah satu faktor penting demi menjaga ‘keselamatan’ diri Anda sendiri.

Kuncinya lebih baik menghindari sebelum terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Apalagi sekarang banyak main hp pakai headset di telinga sambil cas, ih bahaya sekali.

N1
loading...