Apakah Pengertian Mengkritik?

Mengkritik adalah memberikan tanggapan yang disertai dengan uraian atau pertimbangan baik buruk terhadap suatu hal. Kritik muncul karena seseorang tidak setuju atau tidak suka terhadap sesuatu. Selain memberikan kritikan, Anda juga dapat memberikan dukungan terhadap suatu pendapat. Dukungan yang baik disertai dengan alasan yang berupa uraian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengungkapkan kritik dan saran, yaitu :
1. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
2. Mencatat hal-hal yang hendak diberi kritik atau saran.
3. Mengemukakan kritik atau saran dengan bahasa yang baik.
4. Berikan argumen untuk memperkuat kritik atau saran yang Anda ungkapkan.

Jika kritik atau saran disampaikan secara lisan, perlu diperhatikan hal-hal berikut :
a. Kemukakan kritik dan saran dengan bahasa yang baik, nada yang biasa, tidak terkesan menentang, atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
b. Jika memang diperlukan untuk memperjelas yang dimaksud, bisa diberikan penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang dimaksud.

Kata Kunci Dalam Menyampaikan Kritik

Mengkritik atau memberikan dukungan terhadap suatu hal harus menggunakan bahasa yang sopan. Untuk menyampaikan kritikan dan dukungan, Anda dapat menggunakan kata kunci seperti berikut.
Saya sependapat / setuju . . .
Saya kurang sependapat . . .

Dan yang paling penting sebelum Anda mengkritik sesuatu hal terlebih dahulu membaca dan memahami apa yang hendak dikritik. Misalnya sebuah tulisan jangan sampai Anda hanya membaca judulnya yang akhirnya kritikan Anda tidak kena sasaran.

Selain itu hindarilah melakukan kritikan disertai atas dasar kebencian terhadap seseorang karena apapun yang Anda katakan tidak ada manfaatnya. Bahkan Anda akan dicap sebagai orang yang hanya melampiaskan sakit hati.

N1
loading...