Apakah Fungsi Pers ?

Secara umum, fungsi dan peranan pers adalah sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan, sebagai lembaga ekonomi, dan sebagai media kontrol sosial.

Namun, kalau dirinci ada tiga fungsi pers, yaitu:

1. Sebagai Alat Pengamat Sosial (Social Surveillance)

Pers atau media massa merupakan lembaga yang mengumpulkan dan menyebarkan berbagai informasi dan pemahaman yang objektif terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar mereka.

2. Sebagai Alat Sosialisasi (Sosialization)

Pers atau media massa dapat berfungsi sebagai alat sosialisasi mengenai nilai-nilai sosial dan mewariskannya dari satu generasi ke genarasi berikutnya.

3. Sebagai Alat Korelasi Sosial (Social Correlation)

Pers juga dapat berfungsi sebagai alat pemersatu berbagai kelompok sosial yang ada di masyarakat. Hal ini bisa tercapai dengan cara menyebarkan berbagai pandangan yang ada sehingga tercapai suatu konsensus.

Ciri-Ciri Pers Pada Umumnya

Mengacu pada definisi pers di atas, pers dapat dikenali melalui beberapa karakteristik tertentu. Berikut ini adalah ciri-ciri pers pada umumnya:

1. Periodisitas

Sebuah lembaga dapat disebut pers bila dapat menerbitkan informasi dan berita secara teratur dan periodik. Periodisitas mengedepankan jadwal terbit, irama terbit, dan konsistensi.

2. Publisitas

Pers harus bisa menyebarkan berita atau informasi kepada khalayak dengan sasaran yang heterogen, baik dari sisi psikografis maupun geografis.

3. Aktualitas

Semua berita dan informasi yang dipublikasi oleh pers harus mengandung unsur kebaruan, menunjukkan peristiwa yang baru dan sedang terjadi.

4. Universalitas

Artinya kita melihat pers dari sumber dan keanekaragaman materi yang ada di dalamnya. Pada umumnya pers menyuguhkan banyak informasi, namun selalu ada topik yang menjadi tajuk utama.

5. Objektivitas

Ini adalah nilai moral dan etikan yang harus dijunjung tinggi oleh semua media massa dalam menjalankan profesinya, baik itu media cetak maupun media online.

BACA JUGA :  Arti LA dalam Bahasa Bugis