Apa Perbedaan Internet dan Intranet?

205

Internet dan intranet memang memiliki penggunaan kata yang hampir terdengar sama. Namun bila diperhatikan kata inter pada internet dan intra pada internet itulah yang pertama kali akan memberikan perbedaan mencolok. Perbedaan internet dan intranet sangat banyak dan berkebalikan satu sama lain. Berikut ini perbedaan di antara keduanya :

Perbedaan Menurut Jangkauan Wilayah

Meskipun sama-sama jaringan untuk berbagi informasi, namun internet dan intranet adalah hal yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan keduanya:

Wilayah Internet :

Wilayah untuk jangkauan internet adalah tidak terbatas. Dan akan bisa menjangkau semua media akses seperti komputer, laptop, notebook, smartphone dan masih banyak lainnya. Dalam hal wilayah internet tidak membatasi dirinya. Dan bersifat terbuka untuk siapa saja, hanya dengan satu syarat yaitu terhubung dengan jaringan internet.

Wilayah Akses Intranet :

Lain halnya dengan internet, intranet memang disetting untuk menutup jaringannya. Tidak bisa dijangkau oleh lokasi di luar jaringan yang telah ditentukan. Wilayah akses yang terbatas dan tidak bisa diakses oleh sembarangan orang.

Durasi Perkembangan Internet Dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet yang kedua adalah mengenai perkembangannya. Dalam perkembangannya, berikut perbedaan internet dan intranet :

Perkembangan Internet :

Sebagai jaringan yang terbuka, internet akan sangat mudah mengalami perkembangan. Menghubungkan semua komputer dalam satu jaringan. Dengan menggunakan internet protokol (IP) atau TCP. Perkembangan internet akan berjalan cepat dan pesat. Sehingga dalam waktu singkat internet akan mengalami perkembangan tidak terbatas.

Perkembangan Intranet :

Lain halnya dengan intranet, intranet menggunakan tools dari internet dalam membuat jaringan baru. sifatnya tertutup dan dibatasi. Sehingga akan berkembang dalam waktu yang lama.

Data Yang Bisa Diakses Oleh Internet Dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet yang lainnya adalah mengenai apa saja yang dapat didapatkan dalam aksesnya. Internet dan intranet akan memberikan informasi yang dapat diperoleh oleh mereka yang masuk ke dalam jaringan koneksi tersebut. namun data yang bisa diperoleh tidaklah sama di antara internet dan intranet. Berikut ini penjelasannya :

BACA JUGA :  Mengenal Hosting dan Website

* Ketersediaan Data Internet : informasi internet tidak terbatas, semua data bisa diperoleh. Melalui mesin pencari, internet akan menghubungkan dengan blog, website, atau pun media sosial yang akan memberikan banyak informasi. Foto, video, dokumen menjadi bebas untuk diketahui siapapun. Termasuk yang belum terferivikasi kebenarannya. Informasi bersifat bebas dan tidak terbatas. Hal ini dikarenakan sifat jaringan internet yang luas dan tidak terbatas. Tidak ada batas teritorial yang membuat data internet mandek untuk diakses. Di seluruh dunia informasi menjadi sangat terbuka.

* Ketersediaan Data Intranet : data yang dibatasi akan membuat informasi yang diperoleh adalah informasi yang diijinkan untuk sharing saja. Hanya file tertentu yang memang sudah ditentukan saat perakitan jaringan intranet. Hal ini akan memberikan batasan-batasan akses pada informasi yang memang tidak diijinkan untuk diketahui baik itu untuk yang telah terhubung ke jaringan. Hal ini akan sangat baik untuk sifat kerahasiaan, dan pembatasan kabar serta informasi yang belum dipastikan kebenarannya. Ini dikarenakan jaringan intranet yang sempit, serta akan mudah mengalami gangguan bila mengakses terlalu banyak data. Jaringan intranet yang sempit serta dibatasi oleh batasan wilayah akses.

Waktu Dan Tempat Akses Internet dan Intranet

Keanggotaan dalam internet yang tak terbatas akan memberikan akses yang berbeda dengan keanggotaan intranet yang terbatas. Demikian pula dengan waktu dan tempat dalam aksesnya yang dijelaskan sebagai berikut :

* Ikatan Waktu Dan Tempat Akses Internet : Internet memiliki akses unlimited, tidak terbatas baik oleh waktu maupun tempat. Untuk itu internet akan bisa diakses dimana pun dan kapan pun. Tidak ada batasan yang mengatur, dan bebas. Baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa bisa mengakses internet. Waktu yang tidak terbatas, internet akan bisa diakses selama 24 jam penuh.

BACA JUGA :  Mengenal Server dan Client

* Ikatan Waktu Dan Tempat Akses Intranet : intranet memiliki kebaikan untuk masalah waktu dan tempat akses. Hal ini dipengaruhi oleh pembuatan dan pengaturan intranet itu sendiri. Pembatasan waktu dan hanya menjangkau suatu wilayah khusus. Sehingga yang tidak disambungkan dengan jaringan tidak akan pernah bisa masuk untuk mengakses informasi di sana.

Dampak Yang Diberikan Oleh Kedua Jaringan
Akan ada dampak baik maupun dampak buruk dalam setiap hal.

Tidak terkecuali jaringan komputer yang digunakan. Biak internet dan intranet tidak saja memberikan keuntungan namun juga ada kerugian di dalamnya. Berikut ini adalah perbedaan internet dan intranet pada dampak yang akan ditimbulkan, yaitu :

* Dampak Negatif : Adapun dampak negatif Internet yang bersifat tidak terbatas ini akan memberikan boomerang yang tidak kalah berbahaya. Kebebasan dalam pengaksesannya dapat dilakukan oleh semua kalangan, semua usia dan untuk banyak kepentingan yang berbeda.

Untuk itu internet akan mempercepat persebaran berita bohong, issu dalam masyarakat cepat memanas, dan banyak konten negatif bermunculan. Membahas lebih lanjut maka kerusakan moral akan menjadi hal yang paling berbahaya dari dampak internet.

Selain itu internet diakses tidak dengan Cuma-Cuma, namun dengan harga yang relatif mahal. Sedangkan untuk intranet, keterbatasan akses akan sangat bisa dirasakan. Informasi yang akan diperoleh pun hanya untuk data-data yang diijinkan dibagi. Tidak bisa menjangkau semua komputer di dunia, sehingga memberikan batasan ruang gerak informasi yang disediakan.

* Dampak Positif : di samping dampak negatif, akan ada dampak positif yakni Internet memberikan ruang keterbukaan informasi. Pengetahuan dan ilmu menjadi tidak terhambat, bisa diakses oleh semua orang. Sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam pengembangan diri.

BACA JUGA :  Perbedaan Portal Web dengan Situs Web

Internet juga akan memberikan semua informasi, biak dalam bentuk audio, visual, audio visual, dokumen dan banyak lainnya. Keuntungan menggunakan intranet adalah efisiensi dan biaya yang murah. Kerahasiaan menjadi poin utama sehingga akan sangat cocok digunakan di organisasi tertentu.

Mana Yang Cocok Digunakan Antara Internet Dan Intranet?

Baik internet maupun intranet akan dapat memberikan manfaat yang maksimal bila digunakan dalam kepentingan yang tepat. Kebijakan dalam memilih antara internet dan intranet adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut adalah penggunaan internet dan intranet yang tepat :

* Penggunaan Internet : internet dapat digunakan untuk semua orang. Seluruh komputer dan semua perangkat lainnya. Namun memiliki akses biaya yang mahal. Sehingga penggunaannya sebaiknya dibatasi hanya untuk terhubung ke dunia luar yang tidak terjangkau oleh wilayah intranet.

* Penggunaan Intranet : sangat cocok untuk digunakan dalam kepentingan organisasi. Seperti penggunaan dalam sebuah perusahaan, penggunaan di kantor maupun di sebuah sekolah. Keterbatasan jangkauan wilayah yang diberikan intranet ini memberikan ruang privasi yang luas. sehingga kerahasiaan data yang dapat diakses menjadi lebih terjamin dengan intranet

Itulah perbedaan dari internet dan intranet di mana kedua jaringan ini baik internet maupun intranet akan mampu untuk memberikan informasi dan pertukaran data. Baik internet dan intranet memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan tersebut akan lebih maksimal jika digunakan untuk keperluan yang sesuai dan bermanfaat.