Air Mancur ini dibangun pada tahun 2016 pada masa pemerintahan Bupati Bone Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si.berada di kawasan Taman Arung Palakka yang terletak di Jantung Kota Watampone ibukota Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Dapat dinikmati keindahannya pada malam hari khususnya malam Minggu.

Sebelumnya Taman Arung Palakka sudah ada di Bone sejak era kepemimpinan Bupati Bone Andi Amir, kemudian di era kepemimpinan Idris Galigo, taman ini direnovasi dengan dilengkapi sangkar burung, kemudian diera kepemimpinan A. Fahsar M. Padjalangi, taman ini kembali direnovasi dan ditata sedemikian rupa agar kelihatan lebih asri lagi.

Dan juga sebelum sebelumnya Taman Bunga Arung Palakka merupakan salah satu ruang publik yang terletak di Jalan Merdeka, jantung Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Letaknya berhadapan langsung dengan Rumah Jabatan Bupati Bone.

Selain berfungsi sebagai paru-paru kota karena terdapat berbagai macam tanaman terutama pepohonan yang rindang, taman tersebut juga berfungsi sebagai taman edukasi yang ramai di kunjungi warga sekitar maupun dari luar daerah Bone.

Selain itu, di dalam kawasan Taman Bunga ini terdapat patung Raja Bone Ke 15, yakni La Tenri Tatta Arung Palakka. Patung ini berdiri kukuh dan gagah menghadap ke arah barat tepatnya menghadap ke rumah jabatan Bupati Bone.

BACA JUGA :  Destinasi Wisata Bukit Cempalagi