Bupati Bone Audiensi dengan Tim Tujuh Tangkulara

0
93

Bupati Bone Bpk. Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si., menerima dan  audiensi dengan Tim Tujuh Tangkulara Bumi Arung Palakka. Audiensi tersebut bertempat di ruang kerja Bupati Bone, Jalan Jenderal Ahmad Yani Watampone, Kabupaten Bone, pada hari Rabu 3 Agustus 2022.

Audiensi tersebut membahas tentang kegiatan pembentangan merah putih di Gusung Tangkulara sebagai rangkaian dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bone H. Andi Promal Pawi yang hadir bersama Tim Tujuh Tangkulara, melaporkan kepada Bapak Bupati terkait persiapan-persiapan yang telah dilakukan guna menyukseskan kegiatan yang dimaksud.

Sementara itu, Bupati Bone Bpk. Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si., dalam arahan dan petunjuknya mengatakan, pada dasarnya sangat merespon kegiatan pembentang merah putih di Gusung Tangkulara. Karena selain menyambut dan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan juga sebagai ajang promosi potensi daerah dalam bidang pariwisata dan perikanan.

Tidak hanya itu, kata Bapak Bupati tapi dengan festival Tangkulara ini juga bagian dari upaya kita untuk memberdayakan masyarakat pesisir utamanya para nelayan di perairan Teluk Bone.

Olehnya Bapak Bupati meminta pelibatan kelompok-kelompok nelayan yang ada di pesisir Teluk Bone. Tolong hadirkan Asosiasi Nelayan Purse Saine, yang sudah dikukuhkan kemarin di Lonrae, kata Bapak Bupati.

Asosiasi Nelayan Purse Seine ini merupakan wadah untuk menghimpun semua nelayan di kabupaten Bone. Asosiasi ANPS ini, dapat memudahkan menjalin komunikasi untuk mengambil langkah, dengan duduk bersama untuk memikirkan masa depan nelayan di Bone, agar lebih maju dan lebih sejahtera, kata Bapak Bupati.

Bupati Bonee sangat mengapresiasi Tim Tujuh Tangkulara, dan beliau sudah melihat sepak terjangnya dalam menggelar kegiatan, karena sudah berpengalaman menggelar festival di Tangkulara sejak tahun 2018 lalu.

Terakhir Bupati Bonee meminta Tim Tujuh Tangkulara untuk mempublikasikan kegiatan festival tangkulara ke khalayak, karena ini merupakan kegiatan nelayan kita dalam upaya peningkatan ekonominya, kata Bapak Bupati.

Selain Bupati Bone, tim Tujuh Tangkulara juga melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Bone serta Sekretaris Daerah Bone di ruang kerja masing-masing. Pada prinsipnya beliau-beliau sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

Sementara sesepuh tim Tujuh Tangkulara Rusmin Igho dalam rilisnya mengatakan bahwa, tim 7 bekerja sama Pemerintah Kabupaten Bone akan kembali menggelar festival merah putih Tangkulara. Dimana dalam acara ini selain melakukan Pembentangan merah putih sepanjang 77 meter di Gusung Tangkulara, juga ada parade kapal nelayan, Scuba Diving, dan Transplantasi Karang.

Ini kita gelar selain memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia juga memperkenalkan potensi wisata bahari dan mengajak para nelayan untuk menjaga ekosistem laut,” ujar Rusmin Igo

Disisi lain festival ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memupuk jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

Insya Allah kegiatan ini adalah kegiatan kita bersama yang didukung TNI Polri, Masyarakat Nelayan, atau organisasi nelayan bersama Tim Tujuh.

Dalam audiensi ini hadir Kadis Parawisata H. Andi Promal Pawi, Andi Sukirman mewakili Dinas Kelautan dan Perikanan, Rusmin Igho Ketua Tim 7, Rahmatullah Ketua Panitia Festival Tangkulara, Syahruddin Sekretaris Panitia Tangkulara, Yusnadi Bendahara Panitia Tangkulara, serta sesepuh lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here