oleh

Suka duka zaman sabak

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah belajarlah yang giat, jangan hanya main melulu kerjaanya. Sebab era yang serba modern ini kegiatan belajar bisa kalian lakukan dengan mudah.

Sekarang banyak aplikasi digital yang ditujukan untuk kalangan pelajar sebagai media belajar. Coba, bayangkan jika seandainya kalian hidup di zaman dahulu yang semuanya serba tradisional.

zaman dahulu itu serba ribet. Namun karena tekad yang kuat anak-anak zaman dahulu pun juga tak kalah pandai dengan sekarang.

Padahal untuk mengenyam bangku pendidikan anak zaman dulu harus berjuang keras, dari menempuh jarak puluhan kilometer dengan berjalan kaki, hingga alat untuk kegiatan belajar di sekolahpun masih sangat sederhana.

Seperti halnya alat tulis, zaman dahulu itu alat tulis yang digunakan masih amat sangat sederhana.

Saya ingat betul waktu SD tahun 70-an betapa susah dan ribetnya, untuk media menulispun masih sangat sederhana. Karena tempo dulu belum ada buku maka media tulis menggunakan pepeng batu atau sabak.

Dengan sabak atau pepeng batu setiap murid harus pandai mendalami setiap materi. Soalnya tiap ada materi baru, catatan yang lama mesti dihapus.

Apa boleh buat ya memang harus begitu, sabak beda dengan buku tulis. Kalau buku tulis punya banyak halaman. Kalau sabak cuma ada satu halaman.

Nah, sekarang perkembangan teknologi kian pesat semua sudah tersedia tinggal kalian memilih sesuai kebutuhan.

Berikutnya