Pesan-pesan Kajao Agar Kita Menulis

171

Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.

Menulis biasa dilakukan pada media kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Pada awal sejarahnya, menulis dilakukan dengan menggunakan gambar.

Tulisan dengan aksara muncul sekitar 5.000 tahun lalu. Misalnya menciptakan tanda-tanda pada tanah liat. Tanda-tanda tersebut mewakili bunyi, berbeda dengan huruf-huruf hieroglif yang mewakili kata-kata atau benda.

Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan media, kegiatan menulis juga ikut berkembang pesat di dunia. Melalui media elektronik, setiap orang dapat memperoleh bahan penulisan dari internet; sehingga penulis lebih efisien waktu, biaya, dan tenaga.

Saat ini penulis juga bisa berbagi semua tulisannya di manapun ia berada dengan menggunakan teknologi berbasis internet seperti website dan media lainnya. Begitu juga dengan para pembaca, akan lebih mudah untuk melihat tulisan-tulisan penulis yang digemarinya.

Nah, bagaimana keutamaan menulis? Silakan Anda menyimak tulisan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

“Apabila engkau mendengar sesuatu (dari ilmu) maka tulislah walaupun di atas tembok.” (HR. Abu Khaitsamah dalam Al-Ilmu no.146)

Menulis adalah aktivitas literasi yang bisa dilakukan hampir semua kalangan. Bahkan di era digital sekarang, begitu mudahnya akses untuk menulis. Juga dikenal publik tentunya, bila karya-karyanya terpublikasi. Pun dengan ragam manfaat yang ada.

Demikian banyak manfaatnya, dengan menulis kita jadi mudah mengingat dan memahami sesuatu ilmu. Seperti sedang tertuntun untuk menanamkan lebih dalam pada benak kita Dengan menulis, ilmu itu terpatri kuat di benak kita. Pada konteks ini, Rasulullah SAW dalam salah satu hadist bersabda:

“Ikatlah ilmu dengan tulisan” (HR. at-Thabarani).

Tersirat, pesan Rasulullah dalam hadis itu dimaksudkan menulis merupakan media penghubung untuk merekat ilmu, sehingga tidak lekas lupa begitu saja.

Tanpa adanya tulisan, kita tidak akan mengenal dan mengetahui jejak-jejak dari sebuah peradaban masa lampau. Tulisan memberi corak dan penanda tentang karakteristik dari sebuah peradaban.

Menulis bisa jadi jalan untuk memajukan sebuah peradaban. Karena itu, kehadiran media-media dalam jaringan (daring) yang memberi kesempatan besar untuk menulis, perlu diapresiasi sebagai sebuah ikhtiar memajukan peradaban.

Diriwayatkan juga, dari Abu Hurairah RA berkata:

“Ada seorang lelaki Anshor duduk di samping Rasulullah SAW. Mendengar hadis dari Rasulullah maka hadis itu membuatnya kagum, dan ia tidak menghafalnya, maka ia mengeluhkannya kepada Rasulullah dan ia berkata:

Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku mendengar hadis darimu, maka hadis itu membuatku kagum, dan aku tidak menghafalnya.

Maka Rasulullah bersabda mintalah bantuan dengan tangan kananmu. Dan lelaki itu membuat tulisan dengan tangannya.” (HR. Tirmidzi)

Demikian beberapa kutipan manfaat menulis seperti yang diutarakan Rasulullah. Tunggu apa lagi? Mari kita rekat ilmu dengan jalan menulis!

Sementara itu seorang pemikir Bugis Kajao Laliddong menjawab pertanyaan Arumpone:

Bertanya Arumpone: Agaro tanra-tanrana tau malampe enggerangnge, Kajao? (apa tanda-tandanya orang yang panjang ingatannya, Kajao)

Kajao Laliddong menjawab: tau mpukke’e tanralima iyarega tanrabelo (bagi orang yang membentuk tanda jari atau tanda warna).

Arumpone bertanya: Aga sio rekkengngi paddisengengnge, Kajao? (apa lagi yang mengikat ilmu, Kajao?)

Kajao menjawab singkat: sioi nasibawa tanralima (ikatlah dengan tulisan).

Percakapan Arumpone dengan Kajao Laliddong tersebut bermakna, bahwa apabila kita menghendaki menjadi panjang ingatan terhadap sesuatu, maka menulislah, karena dengan tulisan membuat Anda berbicara lebih lancar, terorganisir, dan terstruktur.

Dengan mengadopsi kebiasaan menulis setiap hari dapat merasakan kepuasan tertentu dan bahkan mungkin Anda akan terbantu untuk membawa perubahan besar dalam hidup Anda. Manfaat-manfaat menulis setiap hari baik untuk kesehatan, seperti memulihkan emosi kita, membuat pikiran lebih baik, dll.

Nah, Rasulullah SAW dan para leluhur ternyata menganjurkan untuk menulis, Sudahkah Anda menulis hari ini?