Gelar Bangsawan di Indonesia

170

Di Indonesia, istilah “bangsawan” sering disamakan dengan “keturunan raja”. Padahal sejatinya bangsawan tidak harus dari keluarga kerajaan. Misalnya di Bugis kalangan bangsawan digelar Andi, dan Bali bangsawan terdiri dari apa yang dinamakan Tri Wangsa yaitu para brahmana, ksatria dan waisya.

Di Jawa, di samping keturunan raja, ada kalangan priyayi yang terdiri dari kerabat para pamong praja atau pejabat pemerintahan pribumi pada masa Hindia Belanda, mulai dari bupati sampai ke demang, dll.

Berikut berbagai gelar bangsawan yang ada di Indonesia.

1. Andi

Gelar ini berasal dari sulawesi, tepatnya untuk Suku Bugis. Ada sedikit peraturan dalam pemberian gelar andi, jika kedua orang tua adalah andi maka anaknya bisa menyandang gelar andi. Jika hanya salah satu dari orang tua yang bergelar andi maka sebutannya adalah Andi Baso (lk) dan Andi Besse (pr). Jika hanya keturunan jauh maka sebutannya adalah Andi Tenri.

2. Tengku

Gelar ini juga dipakai untuk keturunan para raja dari kerajaan yang ada di daerah Sumatera Utara dan Riau.

3. Cut (pr) dan Tengku (lk)

Teuku digunakan untuk bangsawan yang bukan keturunan sultan, sedangkan Teungku digunakan sebagai gelar kepakaran, misal pakar agama.

4. Kiagus (lk) dan Nyayu (pr)

Gelar bangsawan ini berasal dari Sumatea Selatan. Selain Kiagus dan Nyayu, gelar bangsawan lainnya di Sumatera Selatan adalah Masagus (lk) dan Masayu (pr), serta Kemas (lk) dan Nyimas (pr).

5. Kiai Agus (lk) dan Nyai Ayu (pr)

Gelar bangsawan dari Bangka Belitung ini mirip dengan gelar bangsawan dari Sumatera Selatan.

6. Tubagus (lk) dan Ratu (pr)

Merupakan gelar bangsawan dari Banten.

7. Raden (lk) dan Roro (pr)

Gelar bangsawan keturunan raja Jawa.

8. Banding Agung, Batin, dan Raden

Gelar ini diberikan untuk keturunan raja yang ada di Lampung. Kalau gelar radennya mirip di Jawa.

9. Cokorda dan Anak Agung

Gelar bangsawan dari Bali. Kalau seorang Bali di depan namanya ada gelar cokorda artinya dia keturunan raja, sedangkan anak agung artinya dia masih keturunan raja selain putra mahkota.

Gelar yang berstatus sosial tinggi lainnya di Bali adalah Ida Bagus dan Ida Ayu untuk keturunan pendeta, serta Dewa dan Desak untuk keturunan pendekar.

10. Lalu (lk) dan Baiq (pr)

Gelar bangsawan dari Suku Sasak, Lombok.

11. Andin

Gelar bangsawan dari Banjar, tepatnya Martapura. Kalau di Desa Binaji, gelarnya adalah Anang (lk) dan Galuh (pr). Mereka adalah keturunan para gusti, ratu, atau antung. Selain di Banjar, gelar ini juga dipakai oleh para keturunan raja dari kerajaan yang ada di kalimantan Utara dan Timur.

12. Uria

Gelar bangsawan ini adalah milik Suku Dayak Manyan di Kalimantan.

13. La Ode

Gelar bangsawan dari Buton yaitu La Ode dan Wa Ode. Gelar La Ode untuk laki-laki dan Wa Ode untuk perempuan.

(Dikutip dari berbagai sumber)