Bale Lure Dempo

105

LuRe DeMPo’

Masyarakat Bugis tentu sudah tidak asing lagi dengan lure-lure atau ikan teri. Bagi kebanyakan orang, makan nasi hangat-hangat dengan ikan teri goreng sudah menjadi suatu nikmat tersendiri.

Nah, tahukah Anda meski ukurannya kecil mungil, lure-lure ini memiliki segudang manfaat yang membuatĀ  Anda semakin doyan makan ikan ini? Apa saja manfaat ikan teri untuk kesehatan tubuh.

1. Ikan teri berguna untuk menjaga kesehatan jantung hingga fungsi otak. Ikan teri mengandung asam lemak omega-3

2. Ikan teri berguna untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium yang tinggi. Dan makan ikan teri selama menyusui dapat mencegah wanita terkena osteoporosis dini (penyakit tanpa gejala).

3. Ikan teri membangun otot dan jaringan tubuh karena mengandung protein.

4. Ikan teri membuat si kecil cerdas. Orang bugis biasa menyebut “iya mua tu pataddeki linroku” artinya ikan seperti itu (teri) yang bikin jidatku mengeras.

Manfaat ikan teri memang tidak perlu diragukan lagi, namun terlalu banyak mengonsumsinya dapat berbalik merugikan kesehatan.

BALE DAMPO

Seperti halnya ikan teri, bale dampo’ (dendeng) diolah dengan cara diasinkan. Bale dampo memiliki kandungan garam yang lebih tinggi dibanding bale lure.

Bale dendeng semacam itu hanya sedikit ditonjok lalu disentuh ke ujung lidah maka spontan seluruh rasa terasa asin. Orang bugis menyebutnya Bale Coddo Lepe’. Sering juga dinamai Bale Massaddu.

Tapi ingat, pada orang-orang yang sudah memiliki tensi darah tinggi, kebanyakan makan makanan asin dapat memperparah kondisinya.

Jadi tetap harus hati-hati dan mengatur forsinya. Iya kan, terus-terus kadang membosankan, mauni sokko na manu rekko mauling, kata orang bugis.

Baca Juga :  Makna Peringatan Hari Jadi Bone