Baca-bacana Ugi Passompe-e

364

BaCa-BaCaNa UGI PASSOMPE-E
ᨅᨌᨅᨌᨊ  ᨕᨘᨁᨗ  ᨄᨔᨚᨇᨛᨕᨙ

Biasanya sebelum pergi merantau orang tua bugis memberikan wejangan kepada anaknya agar kelak di tempat perantauan bisa hidup layak. Wejangan itu biasa juga disebut baca-baca teppettu. Atutuko ri kamponna tauwe nak. Berikut wejangannya.

* Tellui somperenna lino, iyanaritu :
Lempuu, Getteng, Ada Tongeng na Appasikua.

Narimakkuannaro aja’ lalo musala panguju, aja’to mutettangngi sempajangmu, aja’lalo mucapa-capai pappasekku, nasaba’ anu maddupa tu matti *

Terjemahan bebas:

Ada tiga hal yang menjadi kiat utama merantau, yakni : Kejujuran, Keteguhan hati, tutur kata yang berlandaskan kebenaran, dan keikhlasan menerima apa adanya.

Oleh sebab itu, janganlah kamu salah rencana dan salah melangkah, dan juga janganlah kamu pernah meninggalkan sembahyang lima waktu, serta janganlah kamu memandang remeh petuah ini, karena itu mengandung kebenaran yang akan menjadi kenyataan kelak.

Jika poin-poin diatas Anda lakukan dengan benar, Insya Allah Anda akan meraih kesuksesan di negeri orang.

TETAPLAH SEMANGAT

Bagi Anda yang sedang pergi merantau, baik ke kota lain atau pun ke luar negeri pasti sudah pernah merasakan kesulitan dan tantangan dalam hidup, bukan hanya satu dua kali namun tantangan tersebut sering kali menghampiri.

Entah itu pergi merantau untuk menempuh pendidikan atau mencari penghasilan demi kehidupan yang lebih baik, pasti berat rasanya meninggalkan keluarga yang selama ini selalu ada untukmu pada saat senang maupun susah.

Untuk Anda yang berencana pergi merantau, pasti juga pernah atau sedang merasa galau jika berpikir mengenai kesulitan yang akan dihadapi nantinya.

Tetaplah semangat, jangan sampai menyerah di tengah jalan karena dengan merantau Anda mengalami sesuatu yang sangat berharga yang belum tentu bisa dirasakan oleh setiap orang dalam hidup mereka masing-masing.

Baca Juga :  Salawat Sejukkan hati

Hidup yang biasa-biasa saja tanpa pernah mengalami suatu tantangan adalah hidup yang sia-sia.

Dengan adanya tantangan, pribadi Anda akan ditempa untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan tidak cengeng.

INGAT

*Janganlah pernah merasa puas dengan cukup saja.
* Pelajaran terbaik dalam hidup ini adalah pengalaman
* Orang yang sukses pada umumnya adalah mereka yang berani keluar dari zona nyaman
* Dengan merantau kamu akan tahu bahwa hidup adalah sebuah perjuangan
* Kamu akan menjadi pribadi mandiri yang bisa membuat keputusan sendiri
* Merantau memberimu teman dan keluarga baru
* Dengan merantau kamu akan paham bahwa kebebasan itu tidak selalu indah
* Jati dirimu bisa saja ditemukan di tempat perantauan

Dengan merantau, kamu memiliki kesempatan luar biasa untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mempelajari hal-hal baru, dan bukannya tidak mungkin kamu akan menemukan jati dirimu di tempat perantauan, apa yang menjadi panggilan hidupmu selama ini.

Bagaimana kamu bisa tahu jika kamu tidak pernah atau takut untuk mencobanya?  Cobalah …