Penting !!! Ini Tata Cara Pencoblosan di TPS pada Pemilu 2019

44

Tanggal 17 April 2019, Indonesia akan melakukan Pemilihan Umum serentak yang terdiri dari Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07:00 – 13:00 waktu setempat.

Gelaran Pemilu 2019 dihelat tepatnya Rabu, 17 April 2019, sekitar 192 juta masyarakat yang memiliki hak pilih bisa datang ke tempat Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos.

Berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, Pemilu 2019 dilaksanakan serentak. Dalam hal ini, Pileg dan Pilpres digelar sekaligus. Dengan begitu, pemilih akan mencoblos 5 surat suara. Yakni surat suara presiden/wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD.

Berikut tata cara menggunakan hak pilih :
1. Mengisi Daftar Hadir
Saat sampai di TPS, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengisi daftar hadir di TPS. Jangan lupa untuk membawa syarat administratif yang dibutuhkan sesuai dengan status pemilih. Yakni Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), atau Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Bagi DPT, wajib menyerahkan surat pemberitahuan memilih (model C6) dan e-KTP/Surat Keterangan (suket). Untuk DPTb, bisa memberikan surat pindah memilih (model A5) dan e-KTP/suket. Khusus untuk DPK, cukup membawa e-KTP saja, tetapi Anda hanya bisa menggunakan hak pilih pada pukul 12.00-13.00 waktu setempat atau satu jam sebelum pemungutan suara ditutup.

Setelah syarat administrasi lengkap, tinggal menunggu di tempat yang telah disediakan, hingga nama Anda dipanggil panitia.

2. Mengambil Surat Suara
Setelah nama dipanggil, Anda akan diberi 5 jenis surat suara oleh KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Antara lain, surat suara untuk memilih presiden/wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD.

Baca Juga :  Pengertian, Tugas dan Fungsi TP4D

Pastikan setiap surat suara tersebut sudah dibubuhi tanda tangan ketua KPPS. Bila surat suara yang diterima dalam keadaan rusak atau ada kekeliruan dalam memberikan suara, Anda dapat meminta surat suara pengganti kepada ketua KPPS maksimal satu kali.

3. Mencoblos Surat Suara
Setelah memastikan surat suara dalam keadaan baik, Anda dipersilakan untuk menuju ke bilik suara. Di sana terdapat paku dan alas yang bisa digunakan untuk mencoblos.

Pertama-tama, buka surat suara lebar-lebar. Anda hanya diperkenankan untuk mencoblos satu kali pada setiap surat suara. Khusus untuk surat suara presiden/wakil presiden yakni pada nomor, nama, foto, atau gambar partai pengusung calon dalam kotak agar suara dihitung sah.

Sementara untuk surat suara DPR RI dan DPRD, bisa dicoblos pada nomor caleg, nama caleg, atau logo partai. Lalu, untuk surat suara DPD RI, Anda bisa mencoblosnya pada nama atau foto calon.

Setelah itu, masing-masing surat suara dilipat kembali seperti semula, sehingga tanda tangan ketua KPPS tetap terlihat dan tanda coblos tersembunyi.

Khusus untuk pemilih penyandang disabilitas, bisa dibantu oleh pendamping selama proses menggunakan hak pilih baik dari pihak KPPS atau orang lain sesuai permintaan. Khusus bagi penyandang tunanetra, bisa menggunakan alat bantu yang disediakan.

Ingat, pemilih tidak diperkenankan mendokumentasikan pilihannya di bilik suara. Aturan ini sesuai dengan PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 9 TAHUN 2019
TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 3 TAHUN 2019 TENTANG PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA
DALAM PEMILIHAN UMUM

4. Masukkan Surat Suara ke Kotak Suara
Surat suara yang sudah dilipat rapi harus dimasukkan ke kotak suara. KPU mengatur agar kotak suara ditempatkan dekat pintu keluar TPS.

Baca Juga :  Cara menghitung passing grade

Pastikan surat suara yang dimasukkan sesuai dengan kotak suara yang sesuai. Bila Anda kebingungan, akan ada petugas KPPS yang khusus bertugas untuk memandu pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara yang tepat.

5. Pemberian Tinta

Langkah terakhir dalam pencoblosan adalah menggunakan tinta sebagai tanda hak pilih telah ditunaikan. Anda bisa menggunakan salah satu jari tangan untuk diberi tinta hingga mengenai seluruh bagian kuku.

Selamat menunaikan hak pilih di TPS masing-masing.