Kearifan Bugis Werekkada

741

Wérékkada adalah salah satu bentuk sastra Bugis, hingga saat ini masih dihayati oleh masyarakat yang berlatar Bahasa Bugis. Jenis sastra ini merupakan warisan budaya Bugis yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Werekkada mengandung bermacam-macam petuah yang dapat dijadikan pegangan dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan, baik kehidupan duniawi maupun ukhrawi. Dalam wérékkada ditemukan petunjuk tentang pendidikan budi pekerti, nilai-nilai moral, dan keagamaan.

Sementara itu, sastra daerah merupakan bukti sejarah kreativitas masyarakat daerah. Karenanya, sastra daerah berkedudukan sebagai wahana ekspresi budaya yang di dalamnya terekam antara lain pengalaman estetik, religius, dan sosial politik masyarakat etnis yang bersangkutan.

Di samping itu, karya sastra mengandung nilai-nilai yang dapat memperbaiki pandangan hidup, mempertajam akal, dan memperhalus budi, sehingga dapat membuat kehidupan menjadi lebih beradab dan dapat membuat kita lebih peka dalam menghadapi berbagai perkembangan dan perubahan di dalam kehidupan.

Baca Juga :  Pesan Ibu