Apa itu Domain?
Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengindetifikasikan nama anda atau perusahaan anda atau server komputer seperti web server atau email server dijaringan komputer ataupun internet. agar domain dapat berfungsi sebagai alamat email atau website, maka dibutuhkan hosting.

Apa itu Registry domain?
Domain Registry adalah Database untuk semua Nama Domain di internet yang berisi tentang informasi whois domain seperti registrar, registran, dns dan lain-lain

Apa itu Registran domain?
Registran adalah orang yang memiliki atau mendaftarkan nama domain

Apa itu Registran domain?
Registran adalah orang yang memiliki atau mendaftarkan nama domain

Bagaimana cara transfer domain?

  1. Anda mendaftar ke registrar baru.
  2. Anda memilih pilihan transfer domain di website registrar baru tersebut kemudian memasukan Auth/EPP Code Domain.
  3. Registrar baru akan memulai proses transfer domain dan mengontak registrar lama atau Domain kontak admin dengan mengirimkan email kode link approval domain transfer.
  4. Registrar lama atau Domain kontak admin akan memberi jawaban approve/reject terhadap permintaan transfer tersebut. Jika tidak di approve dalam 5 hari, maka otomatis request transfer akan batal.
  5. Setelah di approve oleh Registrar atau Domain kontak admin maka pihak Registry akan melakukan update database untuk informasi domain tersebut diinternet dan kemudian domain di transfer dari registrar yang lama ke registrar yang baru dengan waktu proses +/- 5 hari kerja
  6. Transfer domain selesai.

Apa itu Reseller domain?
Reseller Domain adalah badan usaha, badan hukum, dan atau perorangan yang menjadi perantara dengan menjual kembali Layanan Registrasi Nama Domain tanpa disertai hak apapun atas Nama Domain milik Registran kecuali hak untuk meneruskan apa adanya hak – hak pengelolaan Nama Domain milik Registran

Fase Hidup Domain International (.com/net/org)
Fase Hidup Domain ( Domain Life cycle)

Berikut menjelaskan mengenai fase hidup dari sebuah nama domain, dari registrasi hingga penghapusan.
Misal : telukbone.com

Creation Date: 11-okt-2011
Expiration Date: 11-okt-2012

Berikut penjelasan mengenai Fase Hidup Domain dari domain ‘telukbone.com’ :

Creation Date: 11-Okt-2011
Domain telukbone.com diregistrasikan.

11-Des-2011
Setelah 60 hari (2 bulan), domain telukbone.com baru bisa ditransfer ke registrar lain jika diperlukan.

Expiration Date: 11-Okt-2012
Domain telukbone.com akan expired (habis masa aktifnya).

11-Agust-2012
Registrar mulai mengirim email pemberitahuan perpanjangan 60 hari sebelum domain expired pada email yang terdaftar atas domain telukbone.com

REGISTRAR-HOLD/EXPIRED 11/10/2012 – domain telukbone.com telah expired; registrar akan mengenakan status HOLD pada domain telukbone.com, yang artinya website dan email tidak berfungsi, karena name server dipark ke server registrar, bukan ke server hosting. Domain telukbone.com jika diperlukan, masih bisa diperpanjang dengan harga normal. Transfer domain telukbone.com ke registrar lain tidak berfungsi hingga domain telukbone.com diperpanjang terlebih dahulu.

REDEMPTIONPERIOD 21/11/2012– setelah 40 hari di HOLD registrar mengenakan status REDEMPTIONPERIOD. Memasuki masa ini, untuk mendapat domain telukbone.com tersebut kembali Anda harus melakukan ‘restore’ yang membutuhkan biaya yang cukup besar. Harganya beragam, bisa mencapai 10 kali lipat registrasi normal.

PENDING DELETE 21/12/2012 – setelah 30 hari kemudian, domain telukbone.com terkena status PENDINGDELETE. Tidak bisa lagi dikembalikan; jalan satu-satunya untuk mendapat domain telukbone.com kembali adalah dengan menunggu hingga dirilis oleh registrar, tetapi tentu saja dengan resiko bahwa pada saat itu setiap orang bisa saja meregistrasi domain tersebut.

AVAILABLE 26/12/2012 – setelah 5 hari di status PENDINGDELETE, domain telukbone.com dirilis oleh registrar dan sekarang bisa didaftarkan oleh siapapun, termasuk layanan pengambil alih domain expired. Berlaku first come first serve; jika domain expired adalah domain yang dianggap ‘berharga’, diminati atau pernah memiliki traffic yang tinggi, domain tersebut akan diambil segera setelah domain tersebut dirilis.

Jika bermaksud mendapatkan kembali domain Anda, pertimbangkan untuk menggunakan layanan seperti snapnames.com. Untuk menjaga nama domain anda agar selalu aktif, pastikan Anda melakukan renewal lebih cepat.

Total sejak dari Domain Expired sampai dapat kembali diambil alih untuk umum adalah 75 Hari

Catatan: Anda tidak kehilangan apapun dengan melakukan renewal lebih cepat. Sebagai contoh, jika domain Anda expired pada 11/10/2012, tetapi Anda telah melakukan perpanjangan 1 atau 2 bulan sebelumnya atau kapanpun selama domain belum expired, tanggal expired baru domain akan menjadi 11/10/2013.

Fase Hidup Domain ( Domain Life cycle) di atas berlaku pada domain COM dan NET. Domain ORG, INFO, BIZ, US & CN mungkin memiliki fase hidup yang sama, hanya nama statusnya saja yang mungkin berbeda.

Untuk domain WS tidak memiliki REDEMPTIONPERIOD, akan dilepas 25 hari setelah expired. Untuk domain .ID akan dilepas 30 hari setelah expired. Setiap registrar memiliki kebijakan berbeda-beda mengenai menentukan durasi Fase Hidup Domain ( Domain Life cycle).

Apa itu Authcode?

Jika hendak transfer domain dari sebuah perusahaan hosting ke perusahaan lain, Anda akan diminta untuk menyediakan kode otorisasi (authorization code / EPP) oleh penyedia layanan hosting baru yang menyatakan bahwa Anda memang benar pemilik nama domain tersebut.
Untuk request EPP code atau Auth code, yang harus Anda lakukan adalah membuka Profil di mana Anda membeli domain. Di halaman domain management, pilih domain di sisi kiri dan cari “Secret key”.