Perbedaan Portal Web dengan Situs Web

156

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi melalui internet, maka portal web dan situs web ibarat rumah idaman bagi peselancar ilmu guna memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan.

Di mana portal web dan situs web yang banyak menyimpan informasi yang tersimpan pada database masing-masing dengan mudah kita akses isinya melalui jaringan internet.

Nah, apakah perbedaan portal web dengan situs web, berikut penjelasannya.

PORTAL WEB

Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba mengikuti selera para pengunjungnya.

Portal web yang lebih spesifik pada penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misal komputer, hp, dll.

Portal Web mulai populer diawal tahun 1991. Dan sejak pertengahan tahun 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui internet.

Portal web mendapat perhatian khusus bagi banyak pengguna, portal web menampilkan halaman awal yang dapat dibuka oleh pengguna yang langsung mengarahkan sesuai kebutuhan yang biasanya ditandai gambar ikon atau tulisan.

Banyak portal yang mengawali keberadaan mereka baik sebagai penyedia direktori Internet maupun fasilitas mesin pencari misal excite, lycos, altavista, infoseek, hotbot, dll.

Ekspansi cakupan layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal.

Layanan yang membutuhkan pendaftaran seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatroom dianggap mampu mendorong kunjungan yang berulang pada suatu portal.

Game, chat, email, berita, dan layanan lain juga bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, di mana hal tersebut akan menambah penghasilan iklan.

SITUS WEB

Situs web atau web site atau adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.

Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai waring wera wanua atau lebih dikenal dengan singkatan www. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas.

Pada praktiknya tidak semua situs web memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi anggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut.

Misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi situs-situs berita, layanan e-mail, dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML kadang-kadang pula disisipi dengan bahasa skript.

Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Halaman-halaman web tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang disebut sebagai HTTP ataupun HTTPS.

Ini penting, bahwa untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web harus mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Dan untuk mengetahui sebuah website dapat diakses dengan aman ditandai dengan gembok warna hijau pada peramban.

Kesimpulannya :

Web biasa hanyalah situs yang menampilkan informasi saja sementara web portal / portal web tidak semata hanya menampilkan informasi saja.

Tetapi sistem yang ada di dalamnya memungkinkan seorang pengguna untuk mengakses suatu sistem yang lain yang ada pada lingkungan internal suatu perusahaan dan mengendalikannya dari web portal tersebut.

Itulah sedikit catatan terkait perbedaan Portal Web dengan Situs Web. Semoga bermanfaat.