Sejarah Afdeling Bone

Afdeling Bone (bahasa Belanda: Afdeeling Bone), adalah salah satu wilayah administrasi afdeling di bawah Gubernemen Sulawesi dan Dependensinya, Gubernemen Groote Oost (Pemerintahan/Kegubernuran Timur Besar).

Afdeling ini dibentuk pada tanggal 2 Desember 1905, saat Belanda berhasil menguasai Watampone sekaligus membubarkan Persekutuan Tellumpoccoe yang terdiri dari Bone, Wajo dan Soppeng. Ibu kotanya terletak di Pompanua. Aliansi Tellumpoccoe ini dibentuk pada tahun 1562 pada masa pemerintahan Raja Bone ke-7 La Tenrirawe Bongkangnge (1560-1564).

Namun, pada saat Rumpa’na Bone tahun 1905, Belanda mengganti nama Tellumpoccoe menjadi Afdeling Bone akan tetapi tetap beranggotakan Bone, Wajo, dan Soppeng. Oleh karena itu istilah Tellumpoccoe mempunyai rentang waktu 1562-1905 (343 tahun).

Afdeling Bone dibagi menjadi lima wilayah Onder afdeling yang dikepalai oleh seorang Kontrolir atau pengawas dan dijabat oleh orang Belanda. Afdeling Bone terdiri dari Onder afdeling Bone Utara, Onder afdeling Bone Tengah, Onder afdeling Bone Selatan, Onder afdeling Wajo, dan Onder afdeling Soppeng.

Pemerintahan dijalankan oleh Belanda, namun kerajaan lokal tetap berjalan sesuai adatnya masing-masing, meskipun tidak memiliki persenjataan perang.

Adapun pengertian Afdeling adalah sebuah wilayah administratif pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda setingkat Kabupaten. Administratornya dipegang oleh seorang asisten residen. Afdeling merupakan bagian dari suatu karesidenan.

Suatu afdeling dapat terdiri dari beberapa onderafdeling (setingkat kawedanan yang diperintah seorang wedana bangsa Belanda yang disebut Controleur) dan landschap yang dikepalai oleh seorang bumi putera yang disebut hoofd atau kepala. Di bidang perkebunan, afdeling adalah pembagian administratif dari suatu kebun.