Perlunya Tenaga Ahli Cagar Budaya Disertifikasi

Budaya merupakan kekayaan bangsa yang harus dilestarikan dan kelola secara tepat. Hal ini dapat dilakukan melalui upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan bertujuan untuk memajukan kebudayaan nasional yang memiliki. Manfaat besar untuk kemakmuran rakyat.

Untuk memaksimalkan program cagar budaya berbasis ekonomi rakyat tersebut, diperlukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) untuk memberikan rekomendasi penetapan pemeringkatan dan penghapusan Cagar Budaya pasal 1 butir 13 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 mengamanatkan, bahwa Tim Ahli Cagar Budaya harus memiliki sertifikat kompetensi.

Tim Ahli Cagar Budaya adalah kelompok ahli pelestarian dari berbagai bidang ilmu yang memiliki sertifikat kompetensi untuk memberikan rekomendasi penetapan, pemeringkatan, dan penghapusan Cagar Budaya.

Sejalan dengan amanat tersebut, maka anggota TACB wajib bersertifikat sehingga memiliki kemampuan dengan kompetensi tertentu dalam menilai dan memberikan rekomendasi kepada Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota dalam menetapkan Cagar Budaya.

Pemerintah daerah perlu untuk dapat segera melakukan penetapan cagar budaya sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.