oleh

Tata Cara Penggunaan Pin Phinisi dan Pin Samparajae

Pinisi melambangkan perahu perang kerajaan Bone masa lalu yang bernama Ellung Mangenre. Setiap melakukan pelayaran menggunakan identitas bendera Samparajae.

Samparajae :

 

Samparajae adalah bendera kerajaan Bone di masa pemerintahan La Temmassonge raja Bone ke-22 yang memerintah 1749-1775. Di mana bendera ini juga merupakan bendera perahu perang kerajaan Bone yang disebut “Ellung Mangenre”.

Bendera Samparajae juga merupakan ornamen dasar pembuatan Lambang Daerah Kabupaten Bone saat ini yang di dalamnya terdapat gambar jangkar.

Bendera Samparajae terbuat dari kain berwarna biru sutra, berbentuk travesium, pinggirannya berwarna merah, terdapat hiasan bunga berdaun empat. Bentuk bunga bersegi empat, dua daun bunga berwarna daun emas. Dua daun lainnya berwarna besi. Kedua daun ini disebut BRANI yang berarti “BERANI” menghadapi segala rintangan

Samparajae sebagai bendera angkatan laut Kerajaan Bone mempunyai arti mencerminkan sikap dan kekuatan serta semangat yang dimiliki orang Bone.

Oleh karena itu, untuk mengangkat nilai sejarah tersebut di atas, Bupati Bone Dr.H.A. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. pada tahun 2015 mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone menggunakan Pin Phinisi dan Pin Samparajae.

Hal tersebut diperkuat dengan Peraturan Bupati Bone Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bone Nomor 24 Tahun 2015 Tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Tindak lanjut perubahan peraturan itu kemudian Bupati Bone mengeluarkan Surat Edaran Nomor 061/283/II/ORGANISASI Tentang Penggunaan Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Di mana dalam surat edaran itu terdapat penggunaan PIN PHINISI dan PIN SAMPARAJAE bagi Seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Pin Phinisi dan Pin Samparajae dipasang disebelah kanan di atas papan nama. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Bone Nomor 24 Tahun 2015 Tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Oleh karena itu, Pin Phinisi dan Pin Samparajae dipasang di sebelah kanan di atas papan nama dan tidak boleh dipasang disembarang tempat.

Adapun Ketentuan Pin Phinisi, sebagai berikut:
1. Pin Phinisi dipakai di dada sebelah kanan di atas papan nama.
2. Bahan dari logam kuning emas.
3. Bentuk Phinisi, yaitu:
a. Tinggi: 3 cm
b. Lebar: 5 cm
4. Bertuliskan: PHINISI

Kemudian Ketentuan Pin Samparajae, sebagai berikut:

Ketentuan Pin Samparajae Bone sebagai berikut:
1. Pin Samparajae Bone dipakai di dada sebelah kanan di atas papan nama.
2. Bahan dari logam kuning emas.
3. Bentuk Samparajae Bone, yaitu:
a. Tinggi: 4 cm
b. Lebar: 4,5 cm
4. Bertuliskan: SAMPARAJAE BONE

Adapun Makna Pin Samparajae Bone sebagai berikut :

1. PIN Berbentuk Perisai melambangkan Pertahanan dan Keamanan diKerajaan Bone.
2. Mahkota Pin sebagai Simbol Kebesaran Kerajaan Bone di masa
Lampau.
3. Tujuh Bintang (Worong-Porongnge) melambangkan Tujuh Wanuayang Tergabung Dalam Satu Ikatan (Kawerang) yang merupakan Awal
Terbentuknya Kerajaan Bone.
4. Bendera Samparajae adalah Simbol Kebesaran Kerajaan Bone baik di
Darat maupun di Laut.
5. Perahu Phinisi melambangkan Semangat Kebaharian Kerajaan Bone
Dalam Mempererat Persatuan dan Kesatuan Antar Kerajaan di
Nusantara.
6. Tali Benang yang melingkari Perisai melambangkan Ikatan
Persaudaraan Sesama Kerajaan di Nusantara.

Berikut Regulasi yang mengatur penggunaan PIN PHINISI dan PIN SAMPARAJAE :

1. Peraturan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 35 Tahun 2016 Tentang Pakaian Dinas Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Provinsi Sulawesi Selatan.

2. Peraturan Bupati Bone Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bone Nomor 24 Tahun 2015 Tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone;

3. Surat Edaran Bupati Bone Nomor 061/283/II/ORGANISASI Tentang Penggunaan Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Itulah Tata Cara Penggunaan Pin Phinisi dan Pin Samparajae. Pin Phinisi sebagai identitas ASN Sulawesi Selatan dan Pin Samparajae sebagai identitas ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.

Berikutnya