oleh

Pengaruh Positif dan Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi di Bidang Pemerintahan

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini membawa pengaruh serta dampak yang sangat berarti utamanya pada lingkungan pemerintahan. Pemanfaatan teknologi internet tidak bisa terhindari termasuk dari sisi informasi dan pelayanan terhadap masyarakat.

Setidaknya ada tiga penggunaan teknologi informasi menjadi jembatan yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak lainnya, yaitu:

1) Hubungan antara pemerintah dengan masyarakat (G2C Government to citizen);

2) Hubungan antara pemerintah dengan pengusaha (G2B Government to bussines);

3) Hubungan antara pemerintah dengan pemerintah ( G2G Government to Government).

Konsep elektronik pemerintahan (e-government) mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh pemerintahan. Dengan menggunakan elektronik dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, bisnis dan kegiatan lainnya.

Adapun pengaruh positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pemerintahan, antara lain:

1) Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat;

2) Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum;

3) Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh;

4) Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya sendiri;

5) Meminimalisir birokrasi berbelit-belit yang selama ini menjadi penghalang bagi masyarakat;

6) Adanya e-government sekarang ini akan berimbas pada sumber daya manusia disetiap pelayanan publik;

7) Dalam penyelenggaraan pemerintahan, teknologi informasi dianggap sebagai alat “pengotomasi proses” yang dapat mengurangi proses secara manual.

Meskipun demikian teknologi dapat melahirkan beberapa dampak/risiko yang tidak diharapkan. Kejahatan dunia maya (cybercrime) merupakan aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan.

Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara daring, pemalsuan cek, penipuan kartu, penipuan identitas, pornografi, dan penyebaran hoaks lain-lain.

Adapun Dampak Negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pemerintahan antara lain :

1) Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan memudahkan terjadinya cyber crime (kejahatan dunia maya);

2) Dari segi biaya, walaupun dalam pemerintahan menggunakan IT lebih meminimalisir biaya tetapi dalam penyusunan infrastrukturnya membutuhkan biaya yang cukup besar.

3) Jangkauan akses, harus diakui tidak semua orang/masyarajat bisa mengakses internet dengan mudah misalnya mereka yang berada di pedalaman akan sulit untuk mengakses internet.

Oleh karena itu dapat dikatakan, bahwa penggunaan/pemanfaatan teknologi informasi internet dalam pemerintahan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga tergantung cara penggunaan dan ketersediaan anggaran serta tujuan yang hendak dicapai.

Adapun masalah yang terjadi terkait penggunaan teknologi informasi pada pemerintahan, yaitu minimnya SDM utamanya bagi kalangan ASN itu sendiri.

Hanya beberapa ASN di lingkup pemerintahan yang bisa menggunakan dan memahami tujuan dan fungsi pemanfaatan IT sehingga diperlukan pelatihan dan pembinaan terus menerus.

Bone, 2016

Selanjutnya